CARA MEMUJI SEORANG ANAK

BACA JUGA :


Sadar atau tidak sadar hampir semua orang ingin mendapat pujian. Karena kepandaian, kebijaksanaan, dan mungkin juga karena ketegasannya.
Pada prinsipnya pujian dapat dibagi menjadi dua bagian:
Pertama, pujian yang bersifat membangun ( constructive), yaitu pujian yang jujur, dari hati yang tulus ikhlas, wajar, member dorongan, dan semangat. Dan kedua, pujian yang bersifat merusak ( destructive), yaitu pujian yang berlebih-lebihan, tidak wajar, dibuat-buat, dan kadang-kadang pujian seperti ini menjengkelkan.


Memuji anak adalah lebih baik secara individu atau empat mata, sebab memuji anak di depan saudara-saudaranya atau di hadapan teman-temannya sering mengacaukan hubungan baik di antara anak-anak itu sendiri.

Kata-kata pujian sangat perlu untuk memberi semangat, sehingga anak bergairah melakukan perbuatan-perbuatan baik dan positif, terlebih pula mendorong dia meningkatkan prestasi dalam pelajaran di sekolah. Ada beberapa saran bagaimana cara memuji anak dengan baik :
1.       Pujian akan sangat efektif kalau diungkapkan dengan sepenuh hati, dan dengan ikhlas;
2.       Usahakan kontak atau bertemu mata dengan anak waktu member pujian kepadanya, demikian juga waktu member salam yang hangat atas keberhasilannya;
3.       Berilah pujian dengan segera, khususnya ketika dia sedang melaksanakan perbuatannya yang baik dan berhasil dengan gemilang;
4.       Hindarkan pujian yang berlebih-lebihan dengan menambahkan sesuatu komentar yang negative atau perbandingan;
5.       Ketika anda member pujian kepada anak, beri alasan yang tepat, sehingga jelas bahwa anda memang memujinya dengan tulus dan bukan memberi sanjungan yang dibuat-buat.

Dengan memberi umpan balik yang positif, anda bukan saja membuat anak mengetahui bahwa anda menghargai usaha-usaha, jerih payah, dan prestasi-prestasi mereka, tetapi anda memberi semangat serta mendorong agar mereka dapat berdiri sendiri dan memiliki kepercayaan diri.

Semoga bermanfaat !
( Referensi : Angkasa Bandung )
Termasuk Kategori : Dunia Mengajar, Motivasi
0 Komentar untuk "CARA MEMUJI SEORANG ANAK"

Back To Top