ENAM UNSUR PENTING MENDISIPLIN ANAK

BACA JUGA :


Pendidikan anak adalah tanggungjawab orangtua
ENAM UNSUR PENTING MENDISIPLIN ANAK

Mendisiplin serta mendidik anak merupakan masalah yang cukup kompleks dan serius, karena memerlukan perhatian khusus, kebijaksanaan, kesabaran, dan ketabahan. Oleh sebab itu resiko dan tantangannya pun terkadang menjengkelkan dan membingungkan. Malah sering orang tua dan guru lupa diri, sehingga main pukul dan main damprat dengan kata-kata yang pedas dank eras yang menyakiti hati anak.
Berikut ini 6 unsur penting mendisiplin anak, yang semoga efektif sehingga tujuan pendisiplinan yaitu untuk melatih agar anak dapat mengatur dirinya sendiri, dapat tercapai.

Kapan disiplin harus dimulai ?
Menurut para ahli pendidikan anak, disiplin dimulai dari anak usia 0 tahun. Tentunya dengan pendekatan berbeda di setiap tingkatan usianya. Pelaksanaan beban ini terutama terletak di pundak ibu rumah tangga. Dialah yang meletakkan fondamen pendidikan yang akan menolong anak-anak dalam memperkembangkan suatu tabiat yang kokoh dan seimbang.
Rasa hormat perlu dikembangkan
Suatu hal yang penting untuk diajarkan kepada anak dalam rumah tangga ialah menghormati ibu-bapak. Namun janganlah penghormatan itu sebagai tuntutan untuk memuaskan ego orang tua, namun hendaklah demi kepentingan hubungan anak dengan orang tua. Seorang anak yang terbiasa menghormati orang tuanya, mempunyai sifat yang mudah untuk menghormati orang lain di luar rumah tangga.
Para ibu-bapak perlu bijaksana
Cara bijaksana perlu diusahakan oleh seorang ibu yang bersifat mendidik, dan jangan bersifat memaksa beban fisik. Sekiranya perlu menghukum anak, pilihlah jenis hukuman yang lebih wajar dan pantas. 
Tiada maaf karena kurang sabar
Mendidik anak agar disiplin dengan tangan besi, tanpa pengertian dari pihak orang tua, maka akan menghasilkan generasi muda yang otaknya berfikir lemah dan batinnya pun sangat lemah. Mereka tidak sanggup berdiri sendiri di tengah masyarakat, karena mereka sudah dilatih menurut saja tanpa menggunakan pertimbangan fikiran sehat.
Kadang-kadang bujukan lebih baik daripada hukuman
Salah satu tujuan disiplin ialah menanamkan pengendalian diri yang seimbang pada anak, bukan melampiaskan kemarahan pada waktu anak melakukan kesalahan. Membujuk anak, pada suatu kali akan lebih efektif daripada hukuman. Walaupun menghukum anak pada saat benar-benar berbuat kesalahan yang disengaja, merupakan cara menghukum yang baik pula.
Menjalankan disiplin perlu satu hati
Pada waktu ibu-bapak menjalankan disiplin dalam rumah tangga, mereka jangan lupa bahwa sahabat pelindung yang sangat dekat dan akrab bagi anak ialah orang tua. Itu sebabnya disiplin patut dijalankan dengan simpati dan kosekuen, perlu satu hati dan kekompakan.
Semoga bermanfaat ! 

( Referensi : Angkasa Bandung )
Termasuk Kategori : Dunia Mengajar, Menata Hati
0 Komentar untuk "ENAM UNSUR PENTING MENDISIPLIN ANAK"

Back To Top