Belajar Cara Mengatasi Kecanduan Online

BACA JUGA :


mas-anto.com
Saat ini ibarat tiada hari tanpa internet. Baik di kalangan anak-anak, remaja, hingga orang tua. Bukan mustahil ada yang kecanduan kebiasaan online, hingga mengganggu keharmonisan keluarga. Para ahli menafsirkan kecanduan internet antara lain jika ada perasaan depresi, gelisah, dan murung ketika tidak melakukan kegiatan internet. Semua itu baru bisa hilang ketika pecandunya kembali melakukan kegiatan online.
Bagaimana keluar dari kecanduan ini ? berikut di antaranya :


1.    Fokus pada tujuan saat berinternet
Berinternetlah hanya saat membutuhkan. Butuh data, butuh referensi, membaca berita portal,dll. Bukan semata-mata iseng apalagi pelarian. Begitupun ketika memanfaatkan jejaring sosial, sungguh sia-sia hanya menjadikannya sarana keluh kesah ataupun curhat.

2.    Kurangi sedikit demi sedikit kebiasaan berlama-lama di internet
Sekalipun berinternet tujuannya positif, tetap harus membatasi diri. Misalnya biasa online selama 10 jam sehari, kurangi deh dua jam untuk melakukan kegiatan yang lain.

3.    Ubah pola kebiasaan online
Salah satu cara untuk mengurangi ketegantungan internet  adalah dengan mengubah pola kebiasaan berinternet. Kalau bisa nelepon kepada orang yang dituju, lebih baik ketimbang chatting. Kalau bisa belanja secara offline, lebih baik ketimbang secara online. Dengan begitu akan menguragi waktu online.

4.    Atur ulang jadwal rutinitas
Bangun tidur atau habis subuh, jika langsung online, tundalah nanti sehabis sarapan. Lebih baik berinteraksi dengan keluarga karena bisa mempererat keharmonisan hubungan. Jika sepulang kantor, langsung berinternet, tunggulah sampai malam atau setelah anak tidur.

5.    Libur online
Jika memungkinkan buatlah jadwal khusus hari tanpa internet, atau batasi hanya satu-dua jam saja, misalnya hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Pada hari itu mungkin banyak aktivitas seminggu yang tertunda yang bisa dituntaskan. Atau lebih fokus kepada keluarga.

Semoga bermanfaat !

( Akhwat Kholda, @ tabloid media umat)
Termasuk Kategori : internet
0 Komentar untuk "Belajar Cara Mengatasi Kecanduan Online"

Back To Top