Mengangkat Citra Sekolah melalui “ The Green School Concept “

BACA JUGA :



Mengangkat Citra Sekolah melalui “ The Green School Concept “
Sekolah hijau dipercaya masyarakat sebagai permukaan dari budaya sekolah yang mencerminkan nilai-nilai baik yang diimplementasikan sekolah. Pada sekolah hijau inilah trepresentasikan makna “ kebersihan sebagian dari iman “ yang dapat mengangkat citra sekolah sebagai tempat terbaik untuk belajar.
Citra sekolah adalah reputasi yang merefleksikan bonafiditas nama suatu institusi sekolah menurut pandangan pemangku kepentingan, yang “adanya” tidak dapat dipaksakan tetapi meluncur deras dari pengakuan masyarakat. Hal ini karena wujud dari persistensi sekolah pada komitmen menjadikan kinerja terbaik pada usaha pelayanan pendidikan.

Tidaklah salah kalau dalam kaitan pencitraan kita memulai dari penataan lingkungan fisik sekolah. Merujuk pada penjelasan Christoper Lovelock, dalam “Service Marketing and Management”, yang menyarankan penggunaan tiga cara dalam mengelola bukti fisik yang strategis, sebagai berikut :
  1. An Attention-creating medium: sekolah menjadi berbeda dengan sekolah lainnya karena menciptakan sarana fisik semenarik mungkin untuk menjaring “ pelanggan”nya.
  2. As a message-creating medium : sekolah menggunakan symbol, merancang profil yang apik untuk mengkomunikasikan kekhususan layanan sekolah
  3. An effect-creating medium : sekolah membuat trademark sendiri dalam desain seragam, warna dan beberapa artifek khas penghias interior/eksterior kampus untuk menciptakan sesuatu yang lain dari layanan yang ditawarkan.
Dari hal-hal tersebut, tergambar impresi dan keseriusan manajemen sekolah untuk mengembangkan eksistensi sekolah, yang perlu ditopang semua pihak.
Semoga artikel sederhana ini dapat menjadi “lilin”kecil bagi terciptanya dunia pendidikan yang sehat dan mencerdaskan.
Termasuk Kategori : Hidup Sehat
0 Komentar untuk "Mengangkat Citra Sekolah melalui “ The Green School Concept “"

Back To Top