Mengenal Blended Learning

BACA JUGA :

Pembelajaran di SDN Mande 3 Cianjur

Pembelajaran tatap muka merupakan model klasik yang sejak dahulu kala menjadi model yang jamak dipraktekkan. Bahkan dalam tradisi salaf, perjumpaan guru ( kiyai ) dan murid ( santri ) merupakan ritual penting yang mutlak dilakukan dalam belajar karena murid ( santri ) tidak cukup belajar unsur knowledge saja tapi masuk dalam dimensi  tarekat bahkan hakikat. Sedangkan belajar secara online menjadi model yang belakangan marak dilakukan oleh banyak orang yang seiring dengan semakin mudahnya akses internet.


Ada dua alasan yang selama ini dipandang menguntungkan praktek blended learning, yakni :
1.     Differentiated instruction (perbedaan instruksi )  : guru dapat memilih dan memilah muatan kurikulum dan aktivitas belajar secara online maupun tatap muka, berdasar tingkat kesukaran, minat, dan gaya belajar siswa.

2.      Pacing and attendance ( kenyamanan dan kehadiran ) : memberi keleluasaan kepada peserta didik secara mandiri kapan harus belajar dan apa yang harus dilakukan jika berhalangan mengikuti pembelajaran tatap muka.

Dalam konteks pembelajaran di sekolah, blended learning dapat diimplementasikan dengan modifikasi atau penyesuaian, sesuai dengan kondisi sekolah tersebut. Ada beberapa manfaat dari blended learning,antara lain :
1.      Dengan blended learning, terbentuk budaya melek teknologi pada diri guru dan siswa;
2.    Dengan blended learning, membangun budaya kritis dan inquiri dalam diri siswa dengan mengkomparasikan ataupun mengelaborasikan materi yang diberikan oleh guru dengan sumber-sumber yang tersedia secara virtual;
3.      blended learning,sebagai media sharing informasi dengan berbagai pihak yang concern dengan pengembangan pendidikan dan kajian ilmu sesuai  bidang studinya;
4.      Dengan blended learning, guru dapat memilah kurikulum yang notabene padat, disampaikan secara tatap muka ataupun online; dan
5.      Dengan blended learning, da pat meningkatkan kualitas belajar yang berujung pada meningkatnya daya serap belajar.

Sebagai sebuah model pembelajaran baru, blended learning penting untuk diujicobakan di sekolah dalam rangka membangun pembelajaran bermakna. Insya Allah... !
Termasuk Kategori : Dunia Mengajar
0 Komentar untuk "Mengenal Blended Learning"

Back To Top