Menjadi pembaca yang baik

BACA JUGA :


Menjadi pembaca yang baik
Hampir semua orang ingin supaya menjadi seorang pembaca yang baik dan sukses. Yaitu dengan menggunakan waktu seminimal mungkin, akan tetapi dapat memperoleh hasil yang sebanyak-banyaknya atau yang maksimal. Tetapi sebelum seseorang dapat memperbaiki cara membacanya, dia harus ada keinginan membaca dengan cara yang lebih efisien. Sebagai satu syarat ialah bahwa kualitas dan kuantitas dari apa yang dibacakan mempunyai pengaruh besar dalam memperbaiki cara membaca daripada jumlah total yang dia baca.

Untuk menjadi pembaca yang sukses, seseorang harus tahu memilih bahan-bahan yang akan dibacanya dan dia harus sanggup memahami apa yang sedang dibaca.
Ada beberapa saran dan cara untuk meningkatkan efisiensi membaca yang perlu diperhatikan :
1.       Bertanyalah kepada diri sendiri, apakah yang akan saya cari dan akan temukan dalam bacaan ini, kemudian berusahalah dengan tekun menemukannya sampai dapat.
2.       Anda perlu menggarisbawahi dan mencatat apa yang telah dibaca
3.       Baca kembali apa yang digarisbawahi supaya dipahami dan diingat kembali
4.       Diskusikan kembali yang telah dibaca dengan rekan-rekan  bila ada kesempatan

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan efisiensi dalam membaca. Pada umumnya di negara-negara maju orang-orang dewasa dapat membaca ratusan bahkan ribuan kata setiap hari, tanpa melihat sebuah buku ataupun surat kabar. Dalam hal ini karena mereka sudah membaca surat pribadi, e-mail, membaca tanda-tanda di jalan, iklan-iklan dll. Keahlian membaca seperti ini akan dapat menolong seseorang untuk meningkatkan kepercayaan dirinya.
Para orang tua dan guru memegang peranan penting dalam menumbuhkan kesadaran anak-anak untuk membaca.
Semoga artikel sederhana ini dapat menjadi penggugah kesadaran, betapa pentingnya membaca. Ada sebuah kalimat bijak, RAJIN MEMBACA TAHU SEMUA, RAJIN MENCOBA BISA SEGALA !” Semoga !
Termasuk Kategori : Motivasi
0 Komentar untuk "Menjadi pembaca yang baik"

Back To Top