Tujuh Gaya Belajar Efektif

BACA JUGA :

Tujuh Gaya Belajar Efektif
Bapak Ibu guru yang baik, dan semoga bertambah amanah dan profesional. Posting kali ini baleatikan.blogspot.commencoba membahas mengenai gaya belajar efektif. Sebenarnya banyak gaya belajar efektif yang bisa dipilih, namun kali ini dibahas tujuh gaya belajar efektif, yaitu :




1.       Bermain dengan kata
Gaya ini dimulai dengan mengajak teman yang senang bermain dengan bahasa, seperti membaca, menulis, dan bercerita. Gaya ini menyenangkan karena membantu kita mengingat nama, tempat, tanggal dll dengan cara mendengar lalu menyebutkannya;

2.       Bermain dengan pertanyaan
Aplikasinya, misalnya kita memancing keingintahuan dengan berbagai pertanyaan. Setiap kali muncul jawaban, kejar dengan pertanyaan, hingga didapatkan hasil yang paling akhir atau kesimpulan

3.       Bermain dengan gambar
Ada sebagian orang yang lebih suka belajar dengan membuat gambar, merancang, melihat gambar, slide, video atau film. Jika anda termasuk kelompok ini, patut dicoba gaya belajar ini.

4.       Bermain dengan musik
Detak irama, nyanyian, dan mungkin memainkan salah satu instrumen musik, atau selalu mendengarkan musik.Ada banyakn orang yang mengingat beragam informasi dengan cara mengingat notasi atau melodi musik

5.       Bermain dengan bergerak
Gerak manusia, menyentuh sambil berbicara dan menggunakan tubuh untuk mengekspresikan gagasan adalah salah satu cara belajar yang menyenangkan.

6.       Bermain dengan bersosialisasi
Bergabung dan berbaur dengan orang lain adalah cara terbaik mendapat informasi dan belajar secara cepat.

7.       Bermain dengan kesendirian
Ada sebagian orang yang gemar melakukan segala sesuatunya termasuk belajar dengan menyepi. Untuk yang seperti ini biasanya suka tempat tenang dan ruang yang terjaga privasinya.

Demikian tujuh gaya belajar efektif yang bisa kita praktekkan, baik bagi kita maupun untuk menjadi wawasan bagi pembelajaran anak didik kita, dengan memperhatikan keragaman potensi dan kondisi mereka.
Go...maju terus pendidikan Indonesia !

( Sumber : Tempo, dan sumber lainnya )

Termasuk Kategori : Dunia Mengajar
0 Komentar untuk "Tujuh Gaya Belajar Efektif"

Back To Top