METODE PEMBELAJARAN AL QUR’AN : METODE AL JABARI

BACA JUGA :

METODE PEMBELAJARAN AL QUR’AN : METODE AL JABARI
Metode Al Jabari merupakan bimbingan praktis membaca dan menulis Al Qur’an. Pelajaran pertama dalam metode ini adalah tanda fatah dengan lafal A, sebagaimana arti dari kata Jabar dari bahasa Parsi yang berarti fatah. Hal ini diulang terus sehingga dalam 2-3 kali pertemuan sudah hafal. Selanjutnya akan disusun olahan kata-kata secara otomatis olahan kata tersebut dapat dimengerti.


Metode Al Jabari dikembangkan oleh tiga orang pakar di bidangnya, yaitu di antaranya adalah ahli Al Qur’an, Kaligrafer eksibisi ASEAN, serta qori internasional, yang ketiganya merupakan warga asli Karawang Jawa barat. Metode ini dikembangkan sesuai dengan kaidah-kaidah yang harus diperhatikan dalam membaca dan menulis Al Qur’an dan merupakan bimbingan praktis membaca dan menulis Al Qur’an.
Arti Jabar lainnya ialah singkatan dari Jawa Barat, yang berarti metode tersebut diterbitkan di Jawa Barat. Metode Al Jabari bukan metode membaca huruf Arab, tapi membaca dan menulis Al Qur’an sehingga selesai pelajaran ini dapat dilanjutkan dengan membaca Al Qur’an.

Demikian posting kali ini mengenai metode pembelajaran Al Qur’an metode Al Jabari. Semoga bermanfaat.
Sumber : Ditjen PAIS Kemenag RI
Termasuk Kategori : al Qur'an
0 Komentar untuk "METODE PEMBELAJARAN AL QUR’AN : METODE AL JABARI"

Back To Top