3 FAKTOR PENYEBAB SIKAP DAN PERILAKU GURU MENYIMPANG

BACA JUGA :

Pendidikan merupakan upaya untuk mencerdaskan anak bangsa. Berbagai upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan telah dilaksanakan walau belum menunjukkan hasil yang oftimal. Pendidikan tidak bsa lepas dari siswa atau peserta didik. Siswa merupakan subjek didik yang harus diakui keberadaannya. Berbagai karakter siswa dan potensi dalam dirinya tidak boleh diabaikan begitu saja. Tugas utama guru mendidik dan mengembangkan berbagai potensi itu.


Jika ada pendidik ( guru ) yang sikap dan perilakunya menyimpang karena dipengaruhi beberapa faktor, yaitu :
1.       Adanya malpraktik ( meminjam istilah Prof Mungin ), yaitu praktik yang salah, miskonsep. Guru salah dalam menerapkan hukuman pada siswa. Apapun alasannya tindakan kekerasan maupun pencabulan guru terhadap siswa merupakan suatu pelanggaran.
2.       Kurang siapnya guru maupun siswa secara fisik, mental, maupun emosional. Kesiapan fisik, mental, maupun emosional guru maupun siswa sangat diperlukan. Jika kedua belah pihak siap secara fisik, mental dan emosional, proses belajar mengajar akan lancar, interaksi siswa dan guru pun akan terjalin harmonis layaknya orang tua dan aka
3.       Kurangnya penanaman budi pekerti di sekolah. Pelajaran budi pekerti sekarang ini sudah tidak ada lagi. Kalaupun ada hanya sekedar pelengkap saja.
Mengambil istilah Plato  dalam “ Tipologi Plato “, bahwa fungsi jiwa ada 3, yaitu fikiran, kemauan, dan perasaan. Jika fikiran, kemauan, dan perasaan tidak sinkron akan menimbulkan permasalahan. Perasaan tidak dapat mengendalikan hawa nafsu, akibatnya kemauan tidak terkendali dan fikiran tidak dapat berfikir bijak. Agar pendidikan di Indonesia berhasil paling tidak pendidik memahami faktor-faktor tersebut, kemudian mampu mengantisipasinya dengan baik. Sehingga kesalahan-kesalahan guru dalam sikap dan perilaku dapat dihindari.
Bagaimanapun juga kualitas pendidikan di Indonesia harus mampu bersaing di dunia internasional. Sikap dan perilaku profesional seorang pendidik akan mampu membawa dunia pendidikan lebih berkualitas. Insya Allah !
Sumber : PLPG UIN Bandung
Termasuk Kategori : Motivasi
0 Komentar untuk "3 FAKTOR PENYEBAB SIKAP DAN PERILAKU GURU MENYIMPANG"

Back To Top