9 Tips Mesra Ala Rasulullah SAW

BACA JUGA :


 “ Yang terbaik di antara kalian adalah yang terbaik kepada keluarga/istrinya. Dan saya adalah orang yang paling baik terhadap istri/keluargaku” ( HR Tirmidzi )

Keluarga sakinah mawaddah wa rahmah merupakan idaman setiap keluarga. Salah satu faktor agar keluarga idaman tersebut terwujud adalah perlakuan mesra dari suami kepada istri. Rasulullah SAW adalah sosok suami yang paling mesra terhadap istri-istrinya.


Sebagai bagian dari umat terbaik ( khoiru ummah), sepatutnyalah kita mencontoh Rasulullah SAW yang begitu “hebat”nya memperlakukan istri dan keluarganya. Berikut ini baleatikan memposting “ 9 tips mesra ala rasulullah SAW”. Selamat membaca !

  • 1.       Membiasakan mencium istri
Nabi SAW sering mencium istrinya, Aisah dan itu tidak membatalkan puasa ( HR Nasai dalam Sunan Kubra II/204 )

  • 2.       Makan/minum sepiring/segelas berdua
Dari Aisyah RA, ia berkata : “ Aku  biasa minum dari gelas yang sama ketika haidh, lalu Nabi SAW mengambil gelas tersebut dan meletakan mulutnya di tempat aku meletakan mulut, lalu beliau minum.” ( HR Abdurrozaq dan Said bin Mansur, dan riwayat lain yang senada dari Muslim )

  • 3.       Suami menyuapi istri
Dari Saad bin Abi Waqosh RA berkata : “ Rasulullah SAW bersabda : “ Dan sesungguhnya jika engkau memberikan nafkah, maka hal itu sedekah, hingga suapan nasi yang engkau suapkan ke dalam mulut istrimu” ( HR Bukhori, VI/293 dan Muslim V/71 )

  • 4.       Menyayangi istri dan melayaninya dengan baik
Dari Abu Hurarirah RA, dia berkata, Rasulullah SAW bersabda : “ Orang mukmin yang paling sempurna imannya ialah yang paling baik akhlaknya, dan orang yang paling baik di antara kalian ialah yang paling baik terhadap istrinya” ( HR Tirmidzi, Ibnu Hibban, hadits hasan shahih )

  • 5.       Memberi hadiah
Beliau pernah memberikan kepada istri-istrinya masing-masing satu botol minyak kasturi, dengan penuh kasih sayang.

  • 6.       Mengajak Istri makan di luar
Anas mengatakan bahwa tetangga Rasulullah SAW- seorang Persia – pintar sekali membuat masakan gulai. Suatu hari dia membuatkannya untuk Rasulullah SAW. Lalu dia datang kepada Nabi untuk mengundang makan beliau.
Beliau bertanya : “ Bagaimana dengan ini ( maksudnya Aisyah) ? “
Orang itu menjawab : “ Tidak”.
Nabi berkata: “ Kalau begitu aku juga tidak mau”
Hal tersebut diulang sampai beberapa kali, dan terakhir orang tersebut menjawab, “ Ya”. Akhirnya Nabi dan Aisyah bangun dan berangkat ke rumah laki-laki itu” ( HR Muslim )

  • 7.       Suami mengantar istri
“ Nabi SAW berada di mesjid. Di samping beliau ada para istri beliau. Kemudian mereka pulang, lantas Nabi SAW berkata kepada Shafiyyah binti Huyay : “ Jangan terburu-buru, agar aku dapat pulang bersamamu “ ( HR Bukhori dan Muslim )

  • 8.       Mandi romantis bersama istri
Aisyah pernah mandi satu bejanan bersama Nabi SAW ( HR Nasai I/202 )

  • 9.       Segera menemui istri jika tergoda
Dari jabir, sesungguhnya Nabi SAW pernah melihat wanita, lalu beliau masuk ke tempat Zainab, lalu beliau tumpahkan keinginan beliau kepadanya, lalu keluar dan bersabda :” Wanita, kalau menghadap, ia menghadap dalam rupa setan. Bila seseorang di antara kamu meliahat seorang wanita yang menarik, hendaklah ia datangi istrinya, karena pada diri istrinya ada hal yang sama dengan yang ada pada wanita itu “ ( HR Tirmidzi )

 Referensi : Media Umat
  
Termasuk Kategori : Cinta Nabi, Dunia Akhwat
3 Komentar untuk "9 Tips Mesra Ala Rasulullah SAW"

Subhanallahh...
Indah sekali kasih sayang Rasul.

Subhanallahh...
Indah sekali kasih sayang Rasul.

Benar Sahabat, dan di masa ini pola kehidupan rasul semakin urgen untuk diterapkan.

Back To Top