Perspektif Kurikulum 2013

BACA JUGA :


Kurikulum 2013diproyeksikan sebagai “ jawaban” pemerintah atas ketertinggalan pendidikan di Indonesia dibanding negara-negara lainnya. Setelah melewati uji publik, perdebatan, dan silang pendapat yang panjang, pengembangan kurikulum 2013 memasuki tahap pengembangan jilid II dan sosialisasi.

Sosialisasi kurikulum 2013 sangat penting dilakukan sebab kurikulum itu merupakan ruhnya pendidikan. Hal ini merupakan upaya pemerintah untuk memberikan acuan kepada guru, meski kurikulum baru ini arahnya berbeda tapi substansinya sama.

Kurikulum 2013akan mulai diterapkan pada tahun pelajaran 2013-2014, tahap pertama untuk kelas terendah dari masing-masing tingkatan/ jenjang pendidikan ( SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA). Kurikulum 2013 tidak mengubah drastis kurikulum 2006, namun lebih cenderung pada kurikulum 2004, meskipun ada beberapa konten yang berbeda.

Alasan perubahan kurikulum, setidaknya ada 2 yaitu :
  • ·         Tantangan internal, yang berupa pengembangan pendidikan yang mengacu pada delapan standar kurikulum.
  • ·         Tantangan eksternal, disebabkan situasi masa depan seperti globalisasi, lingkungan hidup, kemajuan teknologi informasi ( IT ), ekonomi berbasis pengetahuan, dll.
Kaitannya dengan tugas guru, pada Kurikulum 2013 ini guru tidak terlalu disibukkan dengan administrasi guru yang jumlahnya belasan macam, namun sekarang guru hanya membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ), melaksanakan pembelajaran di kelas, memberikan penilaian pembelajaran, dan mengadakan pengayaan. Kurikulum 2013 ini memberikan kesempatan yang lebih besar bagi guru dan satuan pendidika untuk meningkatkan efektivitas waktu pembelajaran.

Sebagai insan pendidik, mau tidak mau, kita harus siap dengan segala perubahan pada kurikulum. Maksud utamanya, agar pendidikan kita lebih up to date atau  mengikuti perkembangan zaman. Semoga dengan perubahan ini, kita dapat mempersembahkan yang terbaik bagi pendidikan dan peserta didik kita. Insya Alloh !
Termasuk Kategori : Dunia Mengajar
0 Komentar untuk "Perspektif Kurikulum 2013"

Back To Top