4 Kunci Sukses Mengajar

BACA JUGA :


Belajar pada hakikatnya adalah suatu aktivitas yang mengharapkan perubahan tingkah laku ( behavioral change ) pada individu yang belajar. Guru sebagai ujung tombak dalam menggiring siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan, maka ia harus mampu menempatkan diri pada konsep dasar mengajar yang benar dan sesuai tuntutan kemajuan zaman.

Artikel kali ini pada blog pembelajaran “ Semua Tentang Belajar” mencoba mengurai 4 kunci sukses mengajar, yang tentunya dikembangkan dalam bingkai pembelajaran PAIKEM ( Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan ).

4 kunci sukses mengajartersebut adalah sebagai berikut :
1.    Menjadikan siswa sebagai pusat kegiatan pembelajaran ( student oriented ).
Kegiatan pembelajaran tidak semata-mata ditentukan oleh selera guru, akan tetapi lebih ditentukan oleh siswa itu sendiri. Siswa ikut terlibat dalam penentuan topik, cara, dan gaya dalam pembelajaran. Sehingga guru berubah peran, dari sebagai satu-satunya sumber belajar menjadi peran sebagai fasilitator, dinamisator, dan katalisator.

2.   Menjadikan siswa sebagai subjek belajar.
Peran guru hanyalah salah satu sumber belajar, yang berperan membantu siswa untuk belajar. Menjadikan siswa sebagai subjek belajar memiliki arti siswa dipandang sebagai organisme yang aktif yang memiliki potensi dan kemampuan untuk berkembang.

3.   Tidak membatasi ruang dan tempat pembelajaran.
Proses belajar dapat terjadi di mana saja. Kelas bukan satu-satunya tempat belajar siswa. Siswa dapat memanfaatkan berbagai tempat untuk belajar, sesuai kebutuhan dan kompetensi yang sedang dipelajari.

4.   Menempatkan ketercapaian kompetensi sebagai tujuan pembelajaran.
Artinya, tujuan pembelajaran bukanlah penguasaan materi, akan tetapi proses untuk mencapai suatu kompetensi. Oleh karena itu penguasaan materi pelajaran bukanlah akhir dari proses pembelajaran, namun hanya tujuan antara yang mengantarkan pada kompetensi tertentu.

Demikian paparan tentang 4 kunci sukses mengajar ini dengan harapan semoga bermanfaat dan menjadikan kita sebagai guru bisa mempersembahkan yang terbaik bagi pendidikan Indonesia.

Go...Guru Indonesia !

Untuk lebih memperdalam keilmuan kita dalam pembelajaran, silakan baca artikel-artikel di blog “ Semua Tentang Belajar”, atau klik gambar di bawah ini !


Jangan lupa memberikan komentarnya !



Termasuk Kategori : Dunia Mengajar, internet, Motivasi
1 Komentar untuk "4 Kunci Sukses Mengajar"

Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat !

Back To Top