5 Alasan Memilih Sekolah Berasrama ( Boarding School )

BACA JUGA :

Ponpes Al Ittihad Cianjur

Boarding school ( sekolah berasrama ) ialah bentuk pendidikan yang mengintegrasikan persekolahan dengan dunia pesantren. Istilah untuk Boarding school ( sekolah berasrama ) banyak ragamnya, ada yang memberi embel-embel “ plus”, “terpadu”, “ pesantren modern”, dan istilah lainnya di belakang nama institusi sekolahnya. Dalam Boarding school ( sekolah berasrama ), peserta didik diasramakan, dengan komposisi integral sekolah biasa dan pesantren sehari penuh, plus kegiatan penunjang lainnya.

Dewasa ini, Boarding school ( sekolah berasrama ) menjadi fenomena, menjamur hampir di setiap daerah. Di Cianjur sebut saja ada SMP/SMA/SMK Plus Al Ittihad, SMP Islam Cendekia, MTs/MA Tanwiriyyah, SMP/SMA IT Al Musyarofah, SMP/SMA Al Ma’shum Mardiyah, dan yang lainnya. Dan semuanya menunjukkan peningkatan peminat yang cukup signifikan.

Mungkin ada pertanyaan, mengapa Boarding school ( sekolah berasrama ) makin banyak peminatnya ? Secara subjektif saya tulis 5 alasan memilih Boarding school ( sekolah berasrama ) :

Alasan # 1 : Lingkungan yang terkondisikan

Di Boarding school ( sekolah berasrama ) notabene lingkungan dikondisikan sedemikian rupa dengan aneka aktivitas, aturan, dan sebagainya, sehingga peserta didik sedikit sekali  bersentuhan dengan dunia luar. Hal ini bagus untuk menempa kepribadian dan kemandirian peserta didik, dan mengurangi pengaruh buruk dari lingkungan luar.

Alasan # 2 : Minimnya kesenjangan kaya-miskin

Dengan aturan ketat tentang pakaian, pelarangan alat komunikasi/elektronik, aturan lainnya, tentunya ini mengurangi tingkat “ perlombaan” dan pamer kemewahan. Termasuk menu makan yang seragam, yang disediakan pengelola.

Alasan # 3 : Integrasi persekolahan dan kepesantrenan

Peserta didik belajar materi pelajaran sekolah sekaligus materi pesantren, dalam satu lingkungan yang sama dan terintegrasi.

Alasan # 4 : Persaudaraan dan kekeluargaan lebih erat

Karena “hidup” dalam satu lingkungan yang sama, keeratan persaudaraan dan kekeluargaan antara sesama peserta didik, antara peserta didik dan guru, dan antara guru dengan guru terlihat lebih maksimal.

Alasan # 5 : Pemisahan peserta didik putra dan peserta didik putri

Ini yang tidak kalah pentingnya. Di sekolah biasa, dalam satu kelas bisa terdiri dari putra dan putri. Namun di Boarding school ( sekolah berasrama ), hal ini tidak terjadi. Baik asrama maupun kelas, semuanya dipisah antara peserta didik putra dan putri.

Demikian 5 alasan memilih Boarding school ( sekolah berasrama ). Tulisan ini saya buat berdasar pengamatan di beberapa Boarding school ( sekolah berasrama ) di wilayah Cianjur.

Semoga bermanfaat !












Termasuk Kategori : Dunia Mengajar, Dunia Sekolah
0 Komentar untuk "5 Alasan Memilih Sekolah Berasrama ( Boarding School )"

Back To Top