Catatan Kecil Diklat Model Evaluasi PAI

BACA JUGA :

Dalam sebuah artikel di Kompasiana, ada tertulis satu frasa “ Mendikbud Ngotot “ untuk menggambarkan betapa “ serius”nya Pak menteri meluncurkan Kurikulum 2013, yang konon akan diberlakukan mulai tahun pelajaran 2013-2014, secara terbatas ( prioritas kelas rendah ).

Benar lho, hidup ini harus “ ngotot”. Hidup ini harus benar-benar diperjuangkan. Dalam filosofi Sunda, dikenal adanya babasan/paribasa yang menggambarkan ke”ngototan” urang Sunda dalam menjalani hidup. Sebagai contoh, “ Lamun hayang ngakeul, kudu ngakal”, “ lamun keyeng tangtu pareng”, “ manuk hirup ku jangjangna, jalma hirup ku akalna”, dan banyak yang lainnya. Intinya, bagaimana kita mengoftimalkan peran akal kita.

Berhubungan dengan upaya pengoftimalan peran akal, saya menyoroti inti sebuah acara ( saya termasuk salah satu pesertanya ) yang digelar oleh Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Balai Litbang Kemenag RI, di Lor-in Sentul Hotel 27-29 Mei ini. Tema acaranya : “ Orientasi Ujicoba Model Evaluasi PAI pada aspek afeksi dan psikomotorik di Sekolah dasar.” Pesertanya perwakilan Guru PAI dari Bandung, Cirebon, Cianjur, Bogor, dan Sukabumi.

3 hari pelaksanaan, berdasarkan pengamatan dan perenungan, ada beberapa catatan yang bisa saya “ share”kan di sini, antara lain :
  1.  Sebagai GPAI, sebagai ujung tombak pembentukan karekter peserta didik, masih saja kurang menyentuh aspek afeksi dan psikomotorik dalama pembelajaran PAI;
  2. Adanya “ refresh” kesadaran ( sadar tugas, sadar fungsi ) sebagai Guru PAI;
  3. Pengoftimalan akal. Dalam artian, kita “ ngotot”, sekuat tenaga dan pemikiran dalam merancang dan melaksanakan berbagai inovasi pembelajaran, dalam rangka mempersembahkan yang terbaik bagi peserta didik ;
  4.  Berjuta harapan, semoga upaya-upaya untuk menyempurnakan pendidikan di Indonesia, berjalan lancar dan lebih aplikatif.


Demikian catatan-catatan kecil ini. Semoga bermanfaat !

Termasuk Kategori : Dunia Mengajar
0 Komentar untuk "Catatan Kecil Diklat Model Evaluasi PAI"

Back To Top