7 Peran Penting Ibu dalam Keluarga

BACA JUGA :

ibu
7 Peran Penting Ibu dalam Keluarga

Menjadi seorang ibu dalam rumah tangga adalah “ profesi” yang tidak bisa dianggap remeh. Menjadi ibu rumah tangga bukanlah hal yang mudah. Dari sederet peran yang bisa dimainkan seorang ibu di rumah tangga, dan 7 di antara peran penting ibu dalam keluarga adalah :

Ibu sebagai manager

Sebagai seorang manager, seorang ibu rumah tangga mampu mengintegrasikan berbagai macam karakter, berbagai macam keadaan/kondisi anggota keluarganya ke dalam satu tujuan rumah tangga.

Ibu sebagai teacher

Sebagai seorang teacher ( guru ), seorang ibu mampu mendidik putra-putrinya, mengajarkan sesuatu yang baru, melatih, membimbing mengarahkan serta memberikan penilaian baik berupa reward maupun punishment yang mendidik. Menurut Baqir Sharif al-Qarashi ( 2003:64), bahwa ibu merupakan sekolah yang paling utama dalam pembentukan kepribadian anak, serta sarana untuk memenuhi mereka dengan berbagai sifat mulia.

Ibu sebagai chef/cook

Sebagai seorang chef tentunya seorang ibu harus pandai memutar otak untuk berkreasi menghasilkan menu-menu yang dapat diterima semua anggota keluarga, baik menu sarapan, makan siang, maupun makan malam.

Ibu sebagai nurse

Sebagai seorang nurse ( perawat ) seorang ibu bagaimana dengan telatennya merawat putra-putrinya, dari mulai mengganti popok ketika bayi, memandikan, menyuapi makan, sampai segala sesuatu yang dibutuhkan oleh putra-putrinya sekecil apapun beliau perhatikan, dan tidak bosan-bosannya mencurahkan kasih sayang dan perhatiannya yang begitu tulus.

Ibu sebagai accountant

Sebagai seorang akuntan, seorang ibu mampu mengelola APBK ( Anggaran Pendapatan dan Belanja Keluarga ) dengan sebaik-baiknya, bagaimana mengatur pengeluaran belanja bulanan dari mulai membayar listrik, telepon, PAM, kebutuhan anak sekolah, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya yang tak terduga. Dan bahkan bagaimana seorang ibu rumah tangga mampu membantu perekonomian keluarganya dengan tidak melupakan kodratnya sebagai ibu.

Ibu sebagai design interior

Ibu sebagai seorang design interior seorang ibu harus mampu menciptakan/menata berbagai furnitur yang ada di rumahnya untuk menciptakan suasana baru, tidak membosankan anggota keluarganya.

Ibu sebagai doctor

Ibu sebagai seorang doctor bagaimana seorang ibu harus mampu mengupayakan kesembuhan dan menjaga putra-putrinya dari berbagai hal yang mengancam kesehatan. Berbagai cara dilakukan untuk menjaga anggota keluarganya tetap dalam keadaan sehat.

Sebagai ibu rumah tangga yang baik tentunya berusaha untuk tidak bosan terus mempelajari ilmu-ilmu yang akan mendukung terhadap eksistensinya sebagai ibu rumah tangga. Betapa mulia tugas ibu rumah tangga, sebuah pekerjaan yang memerlukan banyak keilmuan dan keahlian.

Semoga akhwat semua bisa menjadi seorang ibu yang “ super mom”, memberikan yang terbaik bagi keluarganya. Aamiin Ya Robb........

Semoga bermanfaat !


( diadaptasi dari tulisan Imas Rohaeni@Media Pembinaan)


Termasuk Kategori : Dunia Akhwat, Menata Hati
0 Komentar untuk "7 Peran Penting Ibu dalam Keluarga"

Back To Top