Latihan Pasrah Diri dan Tawakkal

BACA JUGA :

Materi latihan pasrah diri dan tawakkal ini diberikan oleh salah seorang akhwat di PKS. Bukan kebetulan, namun semuanya sudah diatur sang Maha Pencipta. Ceritanya, ketika istri saya dirawat di RSU Cianjur, dalam kondisi lemah, dan membutuhkan suntikan motivasi, maka sang akhwat ini datang menjenguk, dan memberikan materi latihan pasrah dan tawakkal, yang bersumber dari riset Fakultas Kedokteran UGM.

Latihan pasrah diri dan tawakkal selengkapnya sebagai berikut :
1.       Niat
Diniatkan dalam hati melakukan latihan ( riyadhoh ) untuk bisa pasrah diri kepada Allah SWT

2.       Berdoa
Berdoa dengan mata tertutup supaya energi tidak bocor. Adabnya 1) ta’awudz, 2) basmallah 3) hamdalah, 4) syahadat, dan 5) shalawat.

3.       Menarik nafas secara perlahan dan dalam melalui hidung.
Mata dan mulut tertutup. Berdzikir dalam hati karena jika diucapkan maka akan sulit megatur nafas. Tujuannya : untuk menghimpun energi

4.       Menahan nafas dalam perut
Tujuannya : energi yang terhimpun disalurkan ke seluruh organ tubuh. Caranya adalah sesudah menarik nafas secara maksimal, nafas ditahan di perut dengan cara perut ditekan dan digembungkan. Dzikir dalam hati.

Lama menahan nafas SEMAMPUNYA, kalau bisa paling sedikit 10 detik atau lebih dari 20 detik, terutama pada pernafasan ke-1, ke-2, ke-3. Pada pernafasan ke-4 sampai ke-24, lama menahan nafas boleh separuhnya ( menahan nafas pendek ).

5.       Mengeluarkan nafas pelan lewat mulut.
Bayangkan segala racun tubuh, segala kesedihan, segala penyakit ikut keluar bersama keluarnya nafas. Berdzikir dalam hati, misalnya dengan mengucapkan hamdalah.

6.       Berhenti/ istirahat bernafas ( setiap sesudah pernafasan dalam )
Jeda pernafasan ke-1 dan ke-2 dan seterusnya mulai dari tarik nafas, menahan nafas, mengeluarkan nafas, istirahat nafas sebelum mengambil nafas berikutnya sampai minimal 24 kali pernafasan. Kemudian ditutup dengan membaca Hamdalah.


Catatan : SATU PAKET, tiap hari dikerjakan pagi dan sore ( minimal 21 hari ), tidak boleh bolong.

Materi ini sekedar panduan latihan ( riyadhoh ). Keyakinan  siapa yang mampu mengangkat penyakit, menyembuhkan sesorang, hanyalah otoritas Allah SWT.
Termasuk Kategori : Hidup Sehat
0 Komentar untuk "Latihan Pasrah Diri dan Tawakkal"

Back To Top