Metode Pengukuran dan Pengungkapan Sikap

BACA JUGA :

Mengukur sikap bukan suatu hal yang mudah sebab sikap adalah kecenderungan, pandangan pendapat, atau pendirian seseorang untuk meneliti suatu objek atau persoalan dan bertindak sesuai penilaiannya, dengan menyadari perasaan positif dan negatif dalam menghadapi suatu objek. Dalam penelitian sikap, tergantung pada kepakaan dan kecermatan pengukurannya.  Menurut Azwar ( 2000:90), metode yang bisa digunakan untuk pengukuran dan pengungkapan sikap antara lain :

1.       Observasi perilaku
Kalau sesorang menampakkan perilaku yang konsisten ( terulang ) misalnya tidak mau diajak nonton film Indonesia, bukanlah dapat disimpulkan bahwa ia tidak menyukai film Indonesia.  Orang lain yang selalu memakai baju warna putih, bukanlah dia memperlihatkan sikapnya terhadap warna putih. Perilaku tertentu bahkan kadang-kadang sengaja ditampakkan untuk menyembunyikan sikap yang sebenarnya. Dengan demikian perilaku yang diamati mungkin saja dapat menjadi indikator sikap dalam konteks situasional tertentu, tetapi interpretasi sikap sangat berhati-hati apabila hanya didasarkan ari pengamatan  terhadap perilaku yang ditampakkan leh seseorang.

2.       Pertanyaan langsung
Asumsi yang mendasari metode pertanyaan langsung guna pengungkapan sikap, pertama adalah asumsi bahwa individu merupakan orang yang paling tahu mengenai dirinya sendiri, dan kedua adalah asumsi keterusterangan bahwa manusia akan mengemukakan secara terbuka apa yang dirasakannya.

3.       Pengungkapan langsung
Suatu metode pertanyaan langsung adalah pengungkapan langsung  ( direct assesment ) secara tertulis yang dapat dilakukan dengan menggunakan item tunggal maupun item ganda. Prosedur pengungkapan langsung dengan item ganda sangat sederhana. Responden diminta untuk menjawab langsung suatu pernyataan sikap tertulis dengan memberi tanda setuju atau tidak setuju. Penyajian dan pemberian respondennya yang dilakukan secara tertulis memungkinkan individu ntuk menyatakan sikap secara lebih jujur. Pengukuran sikap yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pengungkapan langsung yaitu dengan menggunakan skala psikologis yang diberikan pada objek.

Demikian posting mengenai Metode Pengukuran dan Pengungkapan Sikap. semoga menambah wawasan bapak/ibu guru dalam mempersembahkan yang terbaik bagi anak didik.


Termasuk Kategori : Dunia Mengajar, Dunia Sekolah
0 Komentar untuk "Metode Pengukuran dan Pengungkapan Sikap"

Back To Top