8 Tips Mempercepat Performa Komputer Jadul

BACA JUGA :

8 Tips Mempercepat Performa Komputer Jadul 

Memiliki perangkat komputer dengan kecepatan tinggi adalah impian bagi banyak orang. Kita bisa menjalankan banyak program secara bersamaan, tidak lelet dan tidak mudah hang. Nah jika ternyata kita masih memiliki komputer yang masih lambat dan ingin agar komputer kita bisa menjalankan semua program terbaru? kita masih bisa mengutak atiknya, simak caranyanya dengan seksama berikut ini yang bersumber dari forumKompas dan notedtrix.


1. Tambah kapasitas RAM

RAM (Random Acces Memory) adalah tempat penyimpanan data sementara di dalam komputer atau laptop kita. Semakin besar kapasitas RAM maka semakin kuat pula komputer tersebut menjalankan program secara bersamaan. Upgrade RAM anda menjadi 1 GB, 2 Gb atau 4 GB. Anda juga dapat mengganti processor yang terbaru tetapi tentunya biayanya lebih mahal bila membeli 1 unit processor, oleh karena itu penggantian memory lebih efektif mempercepat komputer.

2. Kurangi beban memory
Beban memory yang besar dapat berasal dari banyak tempat, seperti desktop yang terlalu penuh dengan sortcut, hapus sebagian besar sortcut yang tidak pernah lagi digunakan di bagian desktop anda agar beban memory menjadi lebih ringan. Hapur program-program yang tidak lagi pernah digunakan, keberadaannya akan dapat meningkatkan beban memory pc / laptop anda.

3. Kurangi penampilan
Saya sering melihat di halaman utama komputer teman-teman penuh dengan berbagai hiasan-hiasan, animasi dan model-model tema windows yang sangat cantik. Tahukah anda bahwa hal tersebut menambah beban memory menjadi lebih tinggi. Sebaiknya gantilah template menjadi template classic, hal ini juga banyak dilakukan oleh orang-orang di luar negeri. Tampilan yang menarik dan rupawan yang diinstal di pc kita hanya diperuntukkan bagi komputer yang memiliki spec tinggi.

4. Jangan memasang antivirus berlebihan
Banyak yang menganggap bahwa memasang banyak antivirus di dalam komputer membuat komputer menjadi sangat aman dari gangguan virus. Ternyata tidak demikian, justru semakin banyak antivirus yang diinstal, maka dapat membuat sistem komputer menjadi tidak stabil. Juga meningkat beban memory karena program antivirus akan bekerja selama komputer tersebut nyala.

5. Matikan program tidak penting di start up
Banyak yang tidak sadar bahwa saat sedang mengetik menggunakan microsoft office ternyata ada banyak program tidak penting yang juga ikut bekerja. bagaimana cara mengetahui dan mematikannya? caranya cukup mudah :
- Klick START – Run – Ketikkan “msconfig” tanpa tanda petik – klick start up – Hilangkan ceklist program yang tidak perlu dijalankan saat komputer sedang nyala, bila perlu hilangkan semua ceklist kecuali antivirus – Klick Ok dan restart komputer.
Pada langkah ini akan sangat terasa sekali perbedaan kecepatan anda dari sebelum mematikan program di start up hingga sesudah mematikan program tersebut.

6. Update Sistem Operasi

Jika sistem Operasi yang anda gunakan sudah sangat jadul (Windows 98,dsb) maka yang diperlukan adalah mengupdatenya.

 7. Defragment hard disk Anda
Fragmentasi akan membuat komputer Anda berjalan lamban. Anda dapat menggunakan Disk Defragmenter, sebuah utilitas Windows, untuk menghadapi situasi ini, membuat disk drive Anda dan bekerja secara efisien. Disk Defragmenter berjalan pada jadwal, tetapi Anda juga dapat defragment hard disk Anda secara manual. Ikuti langkah-langkah di bawah ini dan Anda dapat membuatnya.
  1. Klik tombol start Ketik Disk Defragmenter di kotak pencarian dan kemudian klik Disk Defragmenter dalam daftar hasil.
  2. Pilih disk yang ingin Anda defragment statusnya terpendam.
  3. Jika Anda tidak yakin bahwa apakah disk perlu defragmented, klik Analyze disk. Ketika Windows selesai menganalisis, kolom Run terakhir akan menunjukkan persentase fragmentasi pada disk. Anda sebaiknya defragment disk jika nomor tersebut lebih dari 10%.
  4. Klik Defragment disk. Jika Anda diminta untuk sandi administrator atau konfirmasi, ketik sandi atau memberikan konfirmasi.
8. Pakailah Software Pembersih
Jalankan perangkat lunak semacam TuneUp 1-Click Maintenance Perangkat lunak ini secara otomatis akan mencari semua sampah yang memperlambat komputer Anda dan membuat komputer anda bersih
Termasuk Kategori : Komputer
0 Komentar untuk "8 Tips Mempercepat Performa Komputer Jadul"

Back To Top