Tips Menghadapi Anak Baru Gede ( ABG )

BACA JUGA :



Tips Menghadapi Anak Baru Gede  ( ABG ) | Semua Tentang Belajar
Anak usia 10-15 tahun termasuk golongan yang diistilahkan anak baru gede ( ABG ). Mereka umumnya sudah mengalami menstruasi bagi anak perempuan dan mimpi basah bagi anak laki-laki. Secara fisik sudah ada tanda-tanda menuju kedewasaan, namun secara mental dan akal masih kekanak-kanakan. Ya, mesti dalam Islam tidak ada istilah ABG, namun nyatanya kalau dibilang anak-anak, badannya saja yang besar. Tapi dibilang orang gede, cara berfikirnya masih kekanak-kanakan. Pokoknya serba tanggung.


Nah biasanya pada fase inilah rawan terjadi friksi antara anak dan orang tua. Maklum mereka sudah mau berbuat semaunya, sementara orang tua masih suka melarang-larang.

Bagaimana sikap terbaik menghadapi anak baru gede ( ABG ) ?
Berikut penuturan Akhwat Kholda di Tabloid Media Umat tentang tips menghadapi anak baru gede ( ABG ), antara lain :


# Daripada melarang-larang, lebih baik mendampingi

Biarkan mereka bereksperimen, sepanjang masih dalam batas wajar dan tak menyimpang dari syariat Islam. Ikuti terus perkembangan fisik dan mentalnya. Cari tahu apa saja yang ada dalam pemikirannya.


# Menjadi teman mereka

Anggap mereka setara, ajak bicara, dengarkan pendapatnya dan libatkan dalam menyelesaikan persoalan, walaupun permasalahan kecil.


# Menjadi idola mereka

Coba gali, adakah rasa bangga dan keinginan anak untuk meneladani kita ?Jika tidak, segera introspeksi agar tak keburu anak-anak mengidolakan sosok yang salah.
PR, jangan abaikan mereka.


# Hormati pendapat mereka

Sekalipun mungkin tidak tepat atau bahkan salah, jangan langsung potong. Beri pendapat lain sebagai perbandingan sehingga dia memiliki kesempatan memikirkan kembali pendapatnya dan mengambil pendapat yang benar.


# Lebih baik menasihati dan member pengertian disbanding memarahi habis-habisan

Anak-anak sangat sensitive, mudah tersinggung. Apalagi jika dimarahi dengan kata-kata negative, menuduh, hanya aan menanamkan dendam dalam batinnya.


# Bergaullah dengan segala hal tentang anak muda

Maksudnya, orang tua harus mengikuti perkembangan trend di kalangan remaja agar bias mengarahkan sikap pada anak. Bacalah beberapa bacaan yang biasa mereka baca. Dari situ kita punya gambaran, dunia seperti apa yang meraka masuki. Hal ini bisa mendeteksi dini jika ada sesuatu  yang tidak beres terjadi pada mereka.

Semoga bermanfaat !
Termasuk Kategori : Dunia Akhwat
0 Komentar untuk "Tips Menghadapi Anak Baru Gede ( ABG )"

Back To Top