3 Pilihan Menjadi Orang Tua

BACA JUGA :

3 Pilihan Menjadi Orang Tua | Semua Tentang Belajar

Menjadi orang tua adalah kebanggaan. Ketika sepasang suami istri memiliki anak, maka otomatis mereka menjadi orang tua. Menjadi orang tua, selain senang, namun juga berat. Betapa tidak, anak adalah amanat yang dititipkan Sang pencipta, untuk kita pelihara, kita didik, dan kita bawa ke arah yang diridhoi Allah SWT.


Dalam tataran kenyataan, terdapat 3 pilihan menjadi orang tua. Semua tergantung kita, hendak memilih yang mana dengan konsekuensi yang tentu saja sesuai dengan yang kita pilih. 3 Pilihan menjadi orang tua, adalah sebagai berikut :

1. Orang Tua yang ditakuti anak
Anak akan "menurut" karena memang mereka takut. Dalam kondisi seperti ini, dijamin tidak akan ada komunikasi yang baik di antara anak dan orang tua. Orang tua dengan segala arogansinya menerapkan kekuasaannya terhadap keluarga. Yang timbul adalah, perasaan tidak nyaman dalam keluarga.

2. Orang tua yang dihormati anak
Dalam kondisi ini, pihak orang tua biasanya selalu jaga " image", merasa lebih tinggi dibanding anak. Komunikasi juga akan kurang lancar karena seolah ada tuntutan menghormati orang tua. Potensi anak sebenarnya akan terbenam oleh sikap orang tua yang ingin dihormati

3. Orang tua yang dicintai anak
Penghormatan anak kepada orang tua, bukan didasarkan pada sikap orang tua yang ingin dihormati. Penghormatan anak kepada orang tua didasari rasa cinta. Suatu saat orang tua memposisikan dirinya sebagai teman bagi anaknya, sebagai tempat curhat, dan sebagai motivator. Komunikasi akan terjalin harmonis karena minim jarak di antara pihak orang tua dan anak. Keluarga akan terasa nyaman.

Kalau boleh memilih, tentunya saya pilih nomor 3. Segenap kemampuan dan kemauan untuk belajar memahami psikologi keluarga terus dilakukan. Semuanya, demi sesuatu yang terbaik. Semoga !

Sumber gambar : sabilia.wordpress.com
Termasuk Kategori : Dunia Akhwat, Menata Hati
0 Komentar untuk "3 Pilihan Menjadi Orang Tua"

Back To Top