4 Macam Kenikmatan

BACA JUGA :

Bagi sorang mu'min, dalam relung hati terdalam tertanam kesadaran bahwa segala yang dia rasakan, dia nikmati, dia makan, dia gunakan, adalah semuanya dari Allah SWT. Kesadaran tersebut tercermin dalam ucap dan prilakunya.

Terkadang kita terjebak untuk mengejar kenikmatan, yang ternyata semu, menipu. Kita terkadang silau untuk mengejar kenikmatan hakiki, sehingga terjebak dalam kesia-siaan. Tentunya sangat arif bila kita mengetahui macam-macam kenikmatan, sehingga kita lebih bisa memilih mana prioritas yang harus kita perjuangkan.


Pada hakikatnya, kenikmatan yang kita rasakan terbagi menjadi 4 macam, yakni :

1. Nikmat paling kecil
Yang termasuk nikmat yang paling kecil adalah harta benda, istri/keluarga, dan segala pernak-perniknya. Padahal, terkadang harta benda yang kita kejar mati-matian, bahkan dengan menghalalkan segala cara.

2. Nikmat Kecil
Nikmat sehat, termasuk dalam kategori nikmat kecil. Ketika kita sakit, harta benda menjadi " kurang " berguna. Bahkan terkadang banyak yang mengorbankan hartanya demi "membeli" sehat. Nabi Muhammad SAW pernah menyatakan, bahwa manusia akan tertipu dengan dua nikmat, yaitu nikmat sehat dan nikmat sempat ( waktu luang ).
 3. Nikmat Besar
Yang termasuk nikmat besar adalah nikmat hidup. Betapa kita sering tidak menyadari, bahwa hidup ini adalah sebuah kenikmatan. Bahkan, saya sering "tergoda" tidak memanfaatkan nikmat hidup ini dengan sebaik-baiknya.
4. Nikmat paling besar
Seharusnya, kita bersyukur bahwa kita memiliki iman dan Islam. Nikmat iman dan Islam adalah nikmat yang paling besar.

Jadi, setelah kita mengetahui nikmat mana yang menjadi prioritas untuk diperjuangkan, kita tidak akan terjebak mengejar-ngejar sesuatu yang kurang bermanfaat.

Posting sederhana, semoga membawa keberkahan !
Termasuk Kategori : Menata Hati
0 Komentar untuk "4 Macam Kenikmatan"

Back To Top