Fakta Integritas Ala Kementerian Agama

BACA JUGA :


Ada sebuah SMS dari akhwat Eli, sekretaris MGMP PAI Kabupaten Cianjur, mengabarkan kepada semua guru PAI dan guru madrasah untuk hadir ke kemenag, untuk menandatangani FAKTA INTEGRITAS. Fakta Integritas ? Apa gerangan itu ? Demikian fikiran pertama yang terlintas di benak saya. Eh ternyata rekan yang lain pun berfikiran sama.

Setelah dipenuhi, oh..ternyata Fakta Integritas yang dikeluarkan Kementerian Agama untuk ditandatangani semua guru PNS di lingkungan Kemenag Cianjur, berisi poin-poin normatif yang intinya MELARANG semua guru PNS untuk melakukan hal-hal berikut :
1. meminta/menerima suap dalam berbagai bentuk dalam bingkai tugas dan kewajibannya sebagai PNS
2. melakukan perbuatan yang menimbulkan konflik kepentingan ( conflict of interest ) dengan sesama rekan sejawat
3. melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan etika PNS

Semua poin itu wajib ditandatangani oleh guru PNS dan menyatakan untuk mematuhinya. Dan...gurupun dengan "ringan"nya melakukan penandatanganan Fakta Integritas sebagi PNS.

Saya sedikit tersenyum ketika ngobrol dengan rekan Asep Halim. Ketika membaca poin 1, beliau malah berujar " kita mah biasa juga banyak diminta, bukan diberi ". Sebuah ungkapan yang menggambarkan realita yang terjadi, dan benar-benar terjadi. Artinya, suap, korupsi, gratifikasi, ataupun apa saja namanya, sudah mendarah daging dalam kehidupan bernegara.

Ya, bagaimanapun, langkah yang diambil Kementerian Agama untuk membersihkan diri dari praktek-praktek tidak halal semacam itu, mesti kita apresiasi. Sebagai muhasabah diri, denga harapan lembaga yang kita cintai ini dapat menjadi pelopor bersih, tertib, dan profesionalnya pelayanan negara kepada rakyatnya.

Semoga !

Termasuk Kategori : Dunia Mengajar, Dunia Sekolah
0 Komentar untuk "Fakta Integritas Ala Kementerian Agama"

Back To Top