Hukum Pembayaran Melalui Paypal

BACA JUGA :

PayPal Inc. adalah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos. PayPal juga menyediakan jasa untuk para pemilik situs e-commerce, lelangan, dan jenis usaha lain. Markas perusahaan ini terletak di San Jose, California, Amerika Serikat.

PayPal Corp. sebenarnya adalah sebuah perusahaan hasil penggabungan antara Confinity dengan X.com yang dilakukan pada tahun 2000. Confinity didirikan pada bulan Desember 1998 oleh Peter Thiel dan Max Levchin dengan tujuan awal sebagai perusahaan perantara pembayaran Palm Pilot dan penyedia layanan kriptografi. Adapun X.com didirikan oleh Elon Musk pada bulan Maret 1999 sebagai penyedia jasa perencanaan keuangan. Kantor pusat kedua perusahaan ini mulanya terletak di 165 University Avenue, Palo Alto, California, Amerika Serikat. ( wikipedia.org )

Untuk dapat menggunakan jasa Paypal, seseorang harus mendaftar atau membuat akun Paypal secara online, yang harus diaktivasi melalui konfirmasi e-mail. Pendafaran ini sifatnya gratis. Setelah mempunyai akun, sesorang sudah dapat melakukan pembayaran atau penerimaan uang melalui PayPal, tapi sifatnya terbatas, yaitu maksimal $ 100 US. Tiap transaksi pembayaran atau transfer, PayPal memungut fee ( uang jasa) dari para penggunanya dalam jumlah tertentu.

Bagaimana hukum pembayaran melalui PayPal ?
Setelah mempelajari fakta hukum PayPal di atas, pada dasarnya hukumnya mubah ( boleh ) membayar atau mentransfer uang melalui PayPal, dengan syarat transaksinya hanya melibatkan satu jenis mata uang saja.

Bolehnya menggunakan PayPal sebagai perantara pembayaran, didasarkan pada bolehnya akad wakalah bil ujrah ( perwakilan dengan upah/fee ). PayPal dapat dikategorikan sebagai wakil dari pembeli atau pengirim uang untuk melakukan pembayaran atau transfer uang kepada pihak penjual atau penerima uang.

( Jawaban Ust M Shiddiq Al Jawi di Tabloid Media Umat atas pertanyaan dari Ikhwan Budi di Palembang )
Termasuk Kategori : manajemen keuangan
0 Komentar untuk "Hukum Pembayaran Melalui Paypal"

Back To Top