Pentingnya Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Kondusif

BACA JUGA :



Bekerja, dalam Islam tidak sekedar untuk mendapatkan upah atau penghasilan. Bekerja merupakan satu bentuk manifestasi dari tanggung jawab manusia sebagai abdi Allah. Dalam bekerja terkandung ciri pribadi muslim yaitu etos kerja yang membedakan dirinya dengan yang lain.

     Etos kerja ini akan semakin meningkat bila dua faktor pendukungnya dimiliki oleh seorang muslim yaitu factor internal dan factor eksternal..Faktor internal di maksud yaitu adanya kesadaran dalam dirinya bahwa bekerja adalah ibadah,dalam dirinya tertanam keyakinan bahwa Allah ,rasul,dan orang-orang mukmin akan melihat dan menilai karya dan prestasinya. Sedangkan factor eksternal bahwa bekerja dalam suatu lingkungan adalah bekerja secara kelompok tidak individual sehingga suasana lingkungan kerja haruslah kondusif sehingga masing-masing pribadi punya motivasi untuk berprestasi bagi diri dan lingkungan kerjanya.
      
Bertolak dari hal tersebut SMPN 1 Mande Kabupaten Cianjur menyadari dan  mengupayakan agar lingkungan kerja (lingkungan sekolah) menjadi kondusif. Upaya yang dilakukan antara lain:

1.Mengadakan silaturahim bulanan 

   Silaturahim ini diadakan di rumah salah seorang guru dengan acara tausiah (mendatangkan penceramah)dan makan-makan.Tujuannya adalah untuk lebih mempererat ikatan batin diantara personil pendidik dan tenaga kependidikan 

2. Mengadakan rihlah /study tour /wisata keluarga guru.
   Sama denngan kegiatan silaturahim bulanan kegiatan yang di fasilitasi sekolah ini tujuannya untuk lebih menjalin pesaudaraan dan ikata, tidak hanya guru dengan guru, namun dengan keluarga guru. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan 6 bulan ( 1 semester ) sekali.

 3. Touring
Ini yang seru. Para guru ( khususnya guru lelaki ) dikomandani Pak Kepala Sekolah, mengadakan touring menggunakan sepeda motor ke tempat tujuan tertentu. Untuk semester ini tujuan akhirnya adalah Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi.

Sebenarnya masih banyak upaya-upaya yang dilakukan SMPN 1 Mande untuk menciptakan suasana lingkungan kerja yang harmonis dan kondusif. Namun cukuplah pada posting ini tiga upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.

Tak ada maksud lain,hanya berbagi. Harapannya, semoga bermanfaat !
Bagi rekan guru yang memiliki trik unik untuk menciptakan suasana lingkungan kerja yang kondusif, silakan tuliskan di kolom komentar.



Termasuk Kategori : Dunia Sekolah
0 Komentar untuk "Pentingnya Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Kondusif"

Back To Top