Tips Membumikan Al Quran di Rumah

BACA JUGA :

Membumikan Al Quran di rumah ? Sungguh indah bila ini terwujud. Betapa tidak, Al Quran adalah kitab sekaligus mukjizat bagi Nabi Muhammad SAW, yang tidak lekang oleh zaman. Kitab ini diturunkan sebagai petunjuk bagi manusia. Siapapun yang memegangnya sebagai petunjuk, niscaya ia tidak akan tersesat hidupnya. Karena itu penting untuk selalu menjadikan Al Quran sebagai panduan, bacaan, dan hafalan untuk semua anggota keluarga khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Berikut tips membumikan Al Quran di rumah, yang bersumber dari artikel di Tabloid Media Umat.

1. Membiasakan anak mengenal huruf Hijaiyyah sejak ia mulai belajar bicara
Biasanya ia akan cepat menghafalnya dengan cara menyanyi atau mengenalnya dalam bentuk gambar-gambar yang menarik. Orang tua bisa mengenalkan dan menyanyikannya setiap hari. Jika memiliki perangkat teknologi canggih, tentunya lebih membantu. Pada tahap ini orang tua akan dihadapkan dengan ketidakpedulian anak. Tapi jangan putus asa, hindarkan marah padanya karena bisa merasa takut mengulanginya.
2. Padukan hafalan dan tulisan secara kontinyu.
Misalkan ketika ia ucapkan huruf ba, maka kita tunjukkan kepadanya tulisan huruf ba. Untuk menambah perbendaharaan kata dalam bahasa Al Quran, bahasa Arab, dapat ditambahkan nama-nama benda, angka, anggota tubuh, dan sebutan nama-nama keluarga dalam bahasa Arab. Bisa ditambahkan  pula dengan metode Iqra.
3. Usia 4 tahun ke atas akan semakin tertarik dengan Iqra-nya.
Orang tua bisa mengajarkan setiaphari dengan waktu yang konsisten agar ia terbiasa dengan waktu tersebut. Tambahkan dengan menirukan tulisan Arab, kemudian ia menirukan ulang tulisan tadi.

4. Tambahkan dengan hafalan ayat suci Al Quran.
Pada usia 4-7 tahun, ia hanya mendengarkan hafalan orang tuanya hingga ia pun menirukannya. Penting untuk diingat, orang tua harus berupaya membacakan ayat suci Al Quran yang dihafalkan dengan cara tartil. Karena jika tajwid atau makhroj dan sifatul hurufnya salah, maka anak akan meniru kesalahan tersebut.

Demikianlah cara mendekatkan keluarga pada Al Quran. Cara ini akan terus menerus menyibukkan seluruh anggota keluarga untuk belajar Al Quran. Ayah, ibu, bahkan nenek dan kakeknya akan ikut terlibat. Inilah ladang amal kita sebagai orang tua, yang kelak akan dipersembahkan oleh Allah SWT dalam kitab catatan amal kita pada yaumil hisab. Kata kunci orang orang tua adalah sabar. Tanpa kesabaran, kegagalan akan kita tuai.

Selamat mencoba !
Termasuk Kategori : al Qur'an, Dunia Akhwat, Menata Hati
0 Komentar untuk "Tips Membumikan Al Quran di Rumah"

Back To Top