Waktu-waktu Utama Untuk Berdoa

BACA JUGA :

Berdoa, pada prinsipnya bisa kapanpun dan di manapun sepanjang dibenarkan oleh syariat. Namun, dari sejumlah keterangan, ada waktu-waktu utama yang bisa dipergunakan untuk berdoa. Dengan harapan, doa yang dipanjatkan mendapatkan ijabah dari Allah SWT. Syaikh Dr. Sa'id bin 'Ali Wahf al-Qahthani dalam kitabnya " al-Du'a min al-Kitab wa al-Sunnah, menyebutkan waktu-waktu utama untuk berdoa, yaitu :



1. Sesudah Shalat Wajib yang lima waktu
Abu Umamah berkata,
" Pernah ditanyakan kepada Rasulullah SAW, doa manakah yang paling didengar Allah ?" Rasulullah SAW bersabda,"Doa di tengah malam dan setelah shalat wajib." ( HR At-Tirmidzi, Hadits hasan )

2. Ketika berdoa kepada Allah SWT dengan Nama-Nya yang paling agung.
Dari 'Abdullah bin Buraidah al-Aslami dari ayahnya, ia berkata,
Nabi SAW mendengar orang yang berdoa dengan mengatakan, " Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan bersaksi bahwa Engkau adalah Allah, tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Yang Maha Esa, Tempat Bergantung, Yang Tdak Melahirkan dan Tidak dilahirkan, dan tidak ada sesuatupun yang serua dengan-Nya", Kemudian beliau mengatakan, " Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya, sungguh ia telah meminta dengan nama-Nya yang Paling Agung, yang apabila Dia diminati suatu doa maka Dia akan mengabulkan dan apabila diminta dengannya maka Dia akan memberi." ( HR Abu Dawud, At-Tarmidzi. Hadits Hasan Gharib )

3. Doa Pada Bulan ramadhan ( Shaum )
"Tiga orang yang doa mereka tidak tertolak, yaitu, seorang yang berpuasa hingga berdoa, seorang imam ( penguasa) yang adil, dan doanya orang yang dizhalimi. Allah akan mengangkat doanya ke atas awan, dan membukakan baginya pintu-pintu langit, seraya berfirman:" Demi Kemuliaan-Ku, sungguh Aku akan menolongmu meski beberapa saat lamanya." ( HR al-Tirmidzi. Hadits Hasan )

4. Ketika bangun malam dan berdzikir
" Siapa yang bangun di malam hari lalu membaca : "LAA ILAAHA ILLALLOHU WAHDAHU LAA SYARIIKALAHU, LAHUL MULKU WALAHUL HAMDU WAHUWA 'ALA KULLI SYAI'IN QODIIR. ALHAMDU LILLAHI WASUBHANALLOHI WALAA ILAAHA ILLALLOHU WALLOHU AKBAR, WALAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAH. Lalu membaca " ALLOHUMMAGHFIRLII.." atau berdoa, maka akan dikabulkan baginya. Jika ia berwudhu lalu shalat maka shalatnya diterima" ( HR Al Bukhari, No 1086 ).

5. Satu saat pada Hari Jumat
" Pada hari Jumat terdapat waktu, yang tidaklah seorang hamba muslim shalat dan meminta kebaikan kepada Allah, kecuali Allah akan mengabulkannya.." Beliau memberi isyarat dengan tangannya, Kami berkata, " yaitu beliau menyempitkannya." ( HR Bukhari dan Muslim )

Semoga bermanfaat !
Termasuk Kategori : Ensiklopedia Islam, Menata Hati
0 Komentar untuk "Waktu-waktu Utama Untuk Berdoa"

Back To Top