Agar Tugas Rumah Tangga Lebih Efisien

BACA JUGA :

Mengerjakan tugas rumah tangga lebih efisien, tentunya harapan ukhti semua. Selain waktunya lebih cepat, tentunya menghemat tenaga juga. Berikut tips agar tugas rumah tangga lebih efisien, yang merupakan penuturan Ukhti Kholda di Tabloid Media Umat. Artikel ini tidak ditujukan hanya untuk bunda, teteh, ukhti ataupun sebutan lainnya, namun ikhwan juga bisa mengaplikasikannya. Yu.. kita simak tips agar tugas rumah tangga lebih efisien :


1. Biasakan selalu membayar tagihan di awal bulan
Selain terhindar dari antrian, anda juga akan merasa lebih tenang dari kehabisan uang. Demikian pula hindari belanja pada tanggal dan jam sibuk. Anda bisa menyiasatinya dengan pergi lebih pagi atau lebih malam, atau pilih di hari kerja.
2. Beri batasan waktu saat belanja dan tepatilah !
Belilah barang-barang sesuai daftar kebutuhan saja, jangan lapar mata. Buat catatan agenda kegiatan keesokan harinya agar tidak lupa dan lebih terarah.
3. Ada baiknya bangun 15 menit lebih awal setiap hari.
Dan anda akan bisa menyelesaikan beberapa tugas lebih banyak dari sebelumnya. Siapkan semua kebutuhan keluarga malam hari sebelum tidur, agar esok hari tidak pontang-panting. Misalnya perlengkapan sekolah anak-anak atau keperluan kerja lainnya.
4. Singkirkan pakaian yang tak lagi diperlukan dari lemari pakaian
Jangan berfikir bakal langsing lagi suatu saat nanti. Percayalah, jika benar-benar kembali langsing, baju itu udah uzur dan modelnya pun ketinggalan zaman. Jika masih layak pakai, lebih baik disedekahkan.
5. Singkirkan barang yang sudah tidak dimanfaatkan lagi
Mungkin anda berfikir suatu saat akan memanfaatkannya lagi, tapi ketika itu anda sudah lupa di mana menaruhnya. Jadi, segera loakkan saja.
6. Selalu letakkan barang pada tempatnta untuk memudahkan pencarian.
Taruh kunci kendaraan di tempat yang sama, demikian juga sepatu, tas, dan sebagainya.Ini membutuhkan kerja sama dengan seluruh penghuni rumah. Semuanya harus disiplin.
7. Tak perlu terlalu perfek untuk hal-hal yang tak begitu prinsipil.
Anda tak perlu menjahit terlalu rapi untuk saku dalam baju main anak yang robek misalnya. Begitu juga tak perlu harus benar-benar licin menyetrika pakaian dalam.
8. Oftimalkan semua piranti elektronik
Misalnya, selain untuk membuat jus, blender juga bisa untuk menghaluskan bumbu masakan. Mencuci dengan mesin cuci, memasak nasi dengan rice cooker, menggoreng dengan wajan seakrbaguna anti lengket dll. Bukan untuk mengajarkan gaya hidup mewah, tapi jika fasilitas itu terjangkau oleh keuangan keluarga mengapa tidak ? Semuanya mempermudah aktivitas.
9. Lakukan dua hal sekaligus setiap kali anda beraktivitas.
Misalnya, anda bisa merebus jagung sambil menanak nasi, atau memasak sup sekaligus menghangatkan pepes di atas tutup pancinya. Efisiensi waktu plus hemat energi bukan ?
10. Manfaatkan waktu longgar
Jika waktunya agak longgar, buatlah stok bumbu inti yang dapat disimpan di lemari es. Jadi sewaktu-waktu ingin menyiapkan hidangan, lebih mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat !

Sumber gambar : belbuk.com
Termasuk Kategori : Dunia Akhwat
0 Komentar untuk "Agar Tugas Rumah Tangga Lebih Efisien"

Back To Top