Arti Sebuah Komitmen

BACA JUGA :

Komitmen, sesuatu yang teramat penting untuk diabaikan. Dalam setiap derap hubungan satu individu dengan individu lainnya, komitmen menjadi pengikatnya. Tanpa komitmen, bubarlah suatu perkumpulan. Tanpa komitmen, terpecahlah ikatan suci suami istri.


Dalam kehidupan nyata, saya sangat kagum dengan kekuatan komitmen yang ditunjukkan orang-orang terbaik ( menurut saya ). Mereka memegang teguh janji dan komitmen perjuangan tertentu, atau tujuan tertentu. Walau, halangan rintangan kerap mengganggu.

Seorang Ustadz yang saya kenal, setidaknya memperlihatkan hal tersebut. Komitmennya untuk memperjuangkan tegaknya khilafah tak terganggu walau ia harus merelakan mata pencahariannya terlepas dari rantai kehidupannya. Mengapa demikian ? Tentunya bukan motivasi duniawi yang ia cari, namun motivasi untuk menegakkan agama Allah SWT.

Saya pun melihat dari sisi yang lain. Seorang ibu dengan anak 7. Pagi-pagi bangun jam 3 dinihari, mempersiapkan segalanya untuk kebutuhan suami dan anak-anaknya. Jam 4 berangkat ke pasar belanja sayuran untuk ia dagangkan. Mulai jam 7 pagi ia berkeliling kampung menjajakan dagangannya, sampai selepas dhuhur. Istirahat sejenak. Bada Ashar ia bikin goreng-gorengan untuk dijual. Demikian siklus pekerjaannya berulang setiap hari. Apa yang membuatnya seperti itu ? Tak lain adalah komitmen untuk memperjuangkan kehidupan keluarganya, walau susah payah.

Seorang sopir angkot trayek Jangari-Cianjur, dengan kegigihan dan komitmen untuk menghidupi keluarganya, bisa berhasil membuat rumah yang layak bagi istri dan anak-anaknya.

Banyak contoh yang bisa kita baca dari lingkungan sekitar kita yang memperlihatkan betapa tekad, kegigihan, dan komitmen hidup bisa menjadi daya yang luar biasa menggerakan seseorang menuju kehiduan yang lebih baik.

Semoga menjadi bahan renungan !

Sumber gambar : ekysinatriya.blogspot.com
Termasuk Kategori : Menata Hati
0 Komentar untuk "Arti Sebuah Komitmen"

Back To Top