5 Cara Agar Guru Melek IT

BACA JUGA :

Guru sekarang, kata Pak Bhayu Sulistiawan, Kepala sebuah SMP Islam di Bekasi, jangan jadi "Guru Basi". Ia mencontohkan, di dalam bis ada seorang penjual kue, dan ternyata sudah basi, walau dengan aneka cara, tetap saja tidak ada yang beli. Beda lagi dengan penjual kue lainnya, karena kuenya fresh, dijual dengan teknik yang pas, dagangannya laris. Guru pun demikian. Bila guru tak mengupdate dirinya, ya jadi basi juga.

" Guru Basi ", salah satu indikatornya, ia gaptek alias gagap teknologi. Banyak alasan yang menjadikannya gaptek. Apalagi Kurtilas sangat menuntut guru untuk melek teknologi atau IT.

Nah, kali ini DIAF EDUKASI mencoba menuliskan tips sederhana agar gurumelek IT. Tapi bagi yang sudah " melek" boleh tidak membaca tips ini, baca saja artikel lainnya.

5 Cara agar guru melek IT

1. Bila alasan gaptek itu " malu belajar", coba saja beli notebook ( dari uang sertifikasi ), coba kutak-katik di kamar sendiri. Belajar mengetik, kalau ada yang tidak bisa, bertanya saja dengan pertanyaan
halus : " DEK, PENGALAMAN ADEK KALAU HASIL KETIKAN MAU SEPERTI INI, GIMANA CARANYA ? Insya Allah, yang gaptek tak kelihatan tidak bisanya.:)

2. Kalau teman sedang mengetik, coba duduk di sampingnya. Ajak ngobrolsambil selipkan pertanyaan-pertanyaan "cara" ber IT. Dengan catatan :jangan mengganggu dan bawakan cemilan agar suasana lebih "fresh" :). Insya Allah teman anda akan "antusias" membantu.

3. Bila dapat satu pengetahuan, aplikasikan sampai benar-benar bisa.Banyak berlatih. Alah bisa karena biasa.

4. Bila memang susah otodidak (belajar sendiri), ya tak usah "jaim" untuk belajar kepada yang bisa. Kata Pak Guru Bahasa Inggris mah, " Better Late than Never", lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

5. Dan yang terakhir, kalau kebiasaan menyuruh mengetik atau mengerjakan tugas yang melibatkan IT kepada orang lain, sekarang ubah, dan sebisa mungkin kerjakan sendiri, sambil berlatih.

Demikian 5 tips agar guru melek IT. walaupun sederhana, bahkan tampak "konyol", tapi mudah-mudahan ada yang bisa dipraktekkan.

Salam Guru Blogger
Termasuk Kategori : Dunia Mengajar, internet
0 Komentar untuk "5 Cara Agar Guru Melek IT"

Back To Top