Kelemahan-kelemahan Sekolah Boarding School

BACA JUGA :

Kalau disodorkan pilihan untuk tempat belajarnya si buah hati, antara sekolah biasa dengan sekolah " boarding school" atau sekolah berasrama, insya Allah saya akan pilih pilihan sekolah yang kedua. Banyak keuntungan dan keunggulan dari sekolah boarding school, sebagaimana pernah saya kupas di blog ini pada artikel .

Di balik keunggulan-keunggulan di atas, " boarding school" juga menyisakan kelemahan-kelemahan, yang mengganggu ritme dan gairah penyelenggaraan boarding school. Kesimpulan ini saya dapatkan dari kunjungan ke beberapa " boarding school" di daerah Bandung dan Cianjur. Tentu bersifat opini, namun setidaknya menjadi PR bagi stakeholder penyelenggara boarding school.

Beberapa kelemahan yang saya temui antara lain :

Kelemahan # 1
KURANGNYA KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK

Umumnya sekolah  " boarding school" mensyaratkan pembiayaan yang besar bagi peserta didik. Dana ini dipergunakan untuk memenuhi segala keperluan peserta didik selama bersekolah di tempat tersebut. Mulai dari mencuci, masak, dll, sudah dilayani dan dipenuhi oleh penyelenggara. Peserta didik hanya fokus untuk menimba ilmu. Namun, ternyata, menurut saya, justru hal demikian menjadi pemicu timbulnya ekses negatif. Anak menjadi "manja", segala dilayani, tahu beres, dan segala mengandalkan orang lain. Anak kurang terdidik untuk mengurus dirinya sendiri, bahkan untuk hal terkecil, mereka kurang terlatih.

Kelemahan #2
TERLATIH HIDUP MEWAH
Pembiayaan besar dari " boarding school" memang wajar. Pihak penyelenggara berusaha membuat segala fasilitas kenyamanan bagi peserta didik agar betah dalam belajar. Mulai dari penataan ruangan yang full AC, fasilitas audio visual, dll yang serba mumpuni. Harapannya, peserta didik lebih fokus dalam belajar dengan segala kenyamanan ini. Dari sudut pandang lain, ternyata hal ini menimbulkan ekses negatif juga. Peserta didik menjadi terbiasa hidup mewah, di tempat mewah, dan jauh dari kesederhanaan. Lebih jauh lagi, ditakutkan, dalam kehidupan berikutnya, mereka tidak siap menjalani hidup yang berbeda dengan ketika ia menuntut ilmu di sekolah yang serba "wah".

Dua kesimpulan di atas, sekali lagi, opini saya. Namun sebagai penggiat dalam dunia pendidikan, tetap saja saya merasa khawatir dengan berbagai fenomena yang terjadi dalam dunia edukasi. Ya..semoga saja ini menjadi bahan evaluasi dan introsfeksi.
 
Termasuk Kategori : Dunia Mengajar
0 Komentar untuk "Kelemahan-kelemahan Sekolah Boarding School"

Back To Top