Orangtua Harus Pandai Akting

BACA JUGA :

Setiap anak memiliki tipe yang berbeda. Tugas orangtua untuk memahami perbedaan tersebut dan mempelajari cara mengelolanya. Tidak hanya artis, menurut praktisi parenting, Ayah Edi, orang tua dituntut memiliki kemampuan akting dalam menyikapi setiap perbedaan tipe anaknya. " Ketika anaknya tipe melankolis, jadilah orang tua yang melankolis, meski tanpa meninggalkan keaslian kita," ungkap Ayah Edi.

Hal yang sama telah dilakukan penulis buku " Ayah Edi Menjawab" ini pada kedua anaknya. " Si Kakak yang melankolis kalau marah cenderung diam, dia tidak bisa dengan suara keras tapi harus didekati dan diajak bicara pelan-pelan, " kata Ayah Edi. Kondisinya berbeda pada diri adik yang cenderung ceria sehingga saat bercerita maka mesti disambut dengan heboh pula.

Ayah Edi juga melihat adanya salah kaprah dalam dunia pengasuhan dalam menilai seorang anak. Paling mendasar adalah pelimpahan semua kesalahan pada anak. Ketika anak tidak suka belajar dia yang dinilai salah. Saat suka melawan juga disalahkan. " Inilah yang harus diluruskan bahwa anak bukan sumber masalah tapi efek dari masalah, karena itu diperlukan proses penelusuran, " ungkapnya.

Ada dua faktor menurut Ayah Edi terbentuknya karakter anak, bawaan lahir dan hasil percontohan pada siapa atau dari mana. Disinilah proses penelusuran diperlukan sehingga bisa diketahui pengelolaan yang tepat pada anak tersebut. Bahkan pada karakter bawaan pun, kadang orang tua tak menyadari bahwa ada bakat yang dimiliki seorang anak.

( Hasil wawancara Parents Guide dengan Ayah Edi )
Termasuk Kategori : Diniyyah, Dunia Mengajar
0 Komentar untuk "Orangtua Harus Pandai Akting"

Back To Top