3 Resep Bergaul Aman dan Nyaman

BACA JUGA :

Manusia adalah makhluk sosial. Satu sama lain saling membutuhkan, dan tidak ada "hak" sedikitpun untuk sombong dan merasa segala mampu dipenuhi sendiri. Bahkan sepiring nasipun yang tersedia di meja dan siap disantap, untuk sampai ke mulut kita, berapa puluh orang yang terlibat. Mulai dari petani, pembuat pupuk, jasa penggilingan, pembuat piring, sendok dll, yang semuanya memberikan sumbangsih bagi hidup kita.

Karena posisi sebagai makhluk sosial, maka tatanan dan pranata ke"sosial"an juga harus kita tata. Sikap saling menghormati, menyayangi, menghargai, empati dll, harus dipupuk dan dipelihara.

Berikut 3 resep bergaul aman dan nyaman, menurut guru kami, Aa Gym, yang dirumuskan dengan 3 SA :

1. SAYA AMAN BAGIMU
Ketika semua orang meyakinkan dirinya masing-masing bahwa dia bisa bergaul dengan siapapun dan orang yang bergaul dengan diapun merasa aman, baik dari lisan, maupun perbuatannya, maka kondisi lingkungan tersebut akan kondusif. Semua memagari dirinya untuk senantiasa "aman" bagi lingkungan sosialnya.

2. SAYA MENYENANGKAN BAGIMU
Resep kedua, setiap pribadi mampu memberikan kegembiraan bagi orang lain. Seseorang yang menyenangkan akan cenderung disukai dan diterima oleh lingkungan. Selalu bertutur sopan, rendah hati, dan empati, akan lebih mengkondisikan lingkungan pergaulannya. Bukankah "hanya" dengan senyuman yang tulus, bernilai shodaqoh, dan tentu membahagiakan orang lain?

3. SAYA BERMANFAAT BAGIMU
" Khoirunnaas anfa'uhum linnaas", sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya. Menebar kemanfaatan bagi sesama, sejatinya menjadi tugas semua manusia yang bergaul dalam lingkungan sosial.

3 resep bergaul aman dan nyaman yang dikemukakan oleh al mukarom Aa Gym, bila dilaksanakan, insya Alloh keadaan masyarakat akan lebih baik dan silaturahim terbina dengan baik pula.

Sumber gambar : wowkeren. com
Termasuk Kategori : Daarut Tauhiid, Menata Hati
0 Komentar untuk "3 Resep Bergaul Aman dan Nyaman"

Back To Top