Ajari Aku Untuk Bisa Menangis, Ya Robb!

BACA JUGA :

Menangis, sebuah kata yang sering kita dengar, sering kita lihat orang melakukannya, atau mungkin kita sendiri pernah bahkan sering melakukannya. Menangis merupakan salah satu ekspresi perasaan yang bergejolak dalam dada. Entah perasaan gembira, sedih, atau sebab lain.

Beberapa artikel yang saya baca, ternyata menangis itu bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini sejalan dengan kebiasaan para salafus solihin bahkan para nabi, yang gampang menangis ketika ada dalam asyik ma'syuk beribadah kepada Robnya. Tak heran, mereka memiliki badan sehat, segar, dan penuh semangat.

Ada beberapa hal menarik dari menangis ini, antara lain :

1. Menangis karena urusan dunia, memungkinkan hati menjadi kering, jauh dari Allah, dan tidak ridho atas segala ketentuan Allah.

2. Menangis karena urusan akhirat, menjadikan hati lapang, dekat dengan Allah, dan diberi ketenangan dalam mengarungi ketentuan Allah, menyenangkan bahkan yang menyakitkan.

Untuk yang kedua ini, ternyata sangat mahal. Hanya orang yang memiliki kepekaan dan ruhaninya terasah yang akan gampang menangis. Ketika melakukan dosa, sekalipun dosa kecil, ia akan menangis sejadi-jadinya, menyesal atas perbuatannya. Ketika melihat keagungan Allah melalui penciptaan-Nya, ia dengan mudahnya mencucurkan airmata, kagum atas kebesaran Allah.

Orang-orang seperti ini hatinya akan senantiasa terpaut kepada penciptanya. Ia akan dijauhkan dari sifat hati " qosat qulubuhum", hati yang mengeras. Dosa-dosanya luruh bersama cucuran airmata taubatnya.

"Ya Allah, ajari aku untuk bisa menangis, lembutkanlah jiwaku melihat kebesaran-Mu, dan lapangkanlah hatiku menerima segala ketentuan-Mu."

sumber gambar : patriablog.wordpress.com
Termasuk Kategori : Menata Hati, Tassawuf
0 Komentar untuk "Ajari Aku Untuk Bisa Menangis, Ya Robb!"

Back To Top