3 Orang Sholeh yang Masuk Neraka

BACA JUGA :

Teringat sebuah doa nabi Ibrahim as., yang artinya, " Ya Tuhanku, jadikanlah keturunanku menjadi orang-orang sholih". Sebuah doa yang indah, pengharapan kepada Robb untuk menjadikan keturunan menjadi golongan sholihin. Tentu menjadi harapan kita juga.

Namun, ada 3 orang sholih yang ternyata "kesolihan"nya tidak mengantarkannya ke surga, malah menjerumuskannya ke neraka. Siapa mereka? Berikut sebuah hadits Abu Hurairah yang diriwayatkan oleh Muslim dan an-Nasa'i, ia berkata, aku mendengar Rasulullah saw. bersabda,:

Yang pertama kali akan diadili di hari kiamat adalah orang yang mati syahid. Kemudian ia dibawa ke hadapan Allah, dan Allah memberitahukan kenikmatan kepadanya, maka iapun mengetahuinya. Allah berfirman, " Apa yang engkau lakukan di dunia?" Orang syahid itu berkata, " Aku telah berperang karena-Mu hingga aku syahid." Allah berfirman," Engkau berdusta. Sebenarnya engkau berperang karena ingin dikatakan sebagai pemberani dan hal itu telah dikatakannya." Kemudian Allah memerintahkan untuk membawanya, maka orang itu diseret di atas wajahnya hingga dilemparkan ke neraka.

Kemudian orang yang mempelajari dan mengajarkan ilmu serta membaca al-Quran. Lalu dibawa ke hadapan Allah, dan Allah memberitahukan kenikmatan kepadanya, maka iapun mengetahuinya. Allah berfirman, " Apa yang engkau lakukan di dunia?" Orang itu berkata, " Aku telah mempelajari ilmu dan mengajarkannya, aku pun membaca al-Quran karena-Mu. Allah berfirman, " Kamu berdusta. Sebenarnya kamu mempelajari ilmu karena ingin dikatakan sebagai orang alim. Kamu membaca al-Quran karena ingin dikatakan sebagai Qari, dan semua itu telah dikatakannya." Kemudian Allah memerintahkan untuk membawanya. Maka orang itu diseret di atas wajahnya hingga dilemparkan ke neraka.

Kemudian orang yang diberi keluasan oleh Allah dan diberi karunia bermacam-macam harta. Lalu ia dibawa ke hadapan Allah, dan Allah memberitahukan kenikmatan kepadanya, maka iapun mengetahuinya. Allah berfirman, " Apa yang engkau lakukan di dunia?" Orang itu berkata, " Tidak ada satu jalan pun yang Engkau sukai untuk berinfak di jalan itu kecuali aku menginfakkan hartaku karena-Mu." Allah berfirman, " Kamu berdusta. Sebenarnya kamu melakukan itu semua karena ingin dikatakan sebagai dermawan, dan semua itu telah dikatakan." Kemudian Allah memerintahkan untuk membawanya. Maka orang itu diseret di atas wajahnya hingga dilemparkan ke neraka.

Dari hadits di atas ada pelajaran berharga bagi saya khususnya, bahwa ibadah mestilah dilandasi keikhlasan, hanya untuk dan karena Allah. Tanpa riya tanpa sum'ah.

Semoga menjadi inspirasi !
Termasuk Kategori : Tassawuf
0 Komentar untuk "3 Orang Sholeh yang Masuk Neraka"

Back To Top