Kisah 3 Angin Melawan Seekor Kera

BACA JUGA :

Alkisah, ada 3 jenis angin berkumpul, mungkin sedang rapat sesuatu:). Ada angin topan, angin puting beliung, dan angin sepoi-sepoi. Di tempat lain, ada seekor kera yang sedang bergelantungan di ranting sebuah pohon.

Salah satu angin berbicara, " Hei kawan-kawan, lihat tuh di sebelah sana ada seekor kera. Yuk kita berlomba. Siapa yang bisa menjatuhkan kera itu, dialah pemenangnya." Yang lain serempak menyahut, " Setujuuuu......!".

Diundilah siapa yang lebih dahulu meniup kera tersebut. Dan, angin topanlah yang mendapat giliran pertama. Maka mulailah angin topan bertiup, makin kencang dan kencang. Tapi, ternyata kera tak jatuh, malahan semakin topan bertiup kencang, makin eratlah ia memeluk dahan pohon.

Melihat angin topan gagal, angin beliung dengan congkaknya berkata, " Lihat kawan aksiku. Pasti kera itu jatuh!". Maka mulailah angin puting beliung bertiup mengitari sang kera, makin kencang dan makin kencang lagi. Tapi, sama dengan angin yang pertama, gagal. Sang kera makin erat memeluk pohon.

Tiba giliran angin yang ketiga, angin sepoi-sepoi. Dengan kelemah-lembutannya, ia mulai meniupkan angin semilirnya, menghampiri sang kera. Terus meniup perlahan, dan akhirnya sang kera merasa mengantuk karena merasa ditiup angin sepoi-sepoi. Apa yang terjadi selanjutnya? Sang kera tertidur dan....plak, jatuhlah ia karena pegangannya terlepas. Sang angin sepoi-sepoi menjadi pemenangnya:):D;).

Apa makna di balik cerita tersebut?
1. Kekasaran tidak dapat menyelesaikan masalah. Justru kelemah-lembutan yang lebih ampuh menjadi solusi.
2. Ketika dihunjam tantangan besar dan kesulitan, biasanya kita waspada. Tetapi, ketika kesenangan dan kemudahan, kita jadi terlena dan tak mustahil akan jatuh.

( Intisari cerita dari Aa Deeda )
Termasuk Kategori : Cerita Kang Deni, Menata Hati
0 Komentar untuk "Kisah 3 Angin Melawan Seekor Kera"

Back To Top