Kuliner Kreatif Ala Orang Sunda

BACA JUGA :

Kreativitas di bidang kuliner memang tak ada matinya. Termasuk kuliner bergenre tradisional. Dari dulu hingga sekarang, banyak jenis kuliner tradisional yang tetap bertahan, bahkan bertambah jenisnya.

Suku Sunda, termasuk yang menyumbang banyak jenis makanan tradisional bagi khazanah kuliner Indonesia. Sifatnya yang murah, merakyat, dan bahan baku yang cukup gampang didapat, menjadi faktor keberlangsungan jenis-jenis kuliner ini.
Ada beberapa kuliner khas Sunda yang saya coba ulas pada posting kali ini, yaitu :

COMRO
Kuliner terkenal ini merupakan akronim, "Oncom dijero". Bahan bakunya berupa ubi kayu/ singkong, oncom, dan cabe. Dimasak dengan digoreng. Seingat saya, sejak kecil comro ini sudah ada, hingga sekarang.

COMHU
Sama dengan comro, comhu kependekan dari oncom dan tahu. Bahan bakunya oncom, tahu, dan terigu, ditambah cabe.

CIRENG
Cireng, "aci digoreng". Panganan merakyat yang murah meriah. Dengan seharga gope saja, anak-anak sudah bisa membeli satu pieces cireng. Bahkan variannya sekarang bertambah, ada cireng isi daging, cireng isi ayam dll.

CILUNG
Cilung, "aci digulung". Sama berbahan pokok aci, ditambah bihun dll.

CILOK
Merupakan kependekkan "aci dicolok". Bahannya bisa dari aci plus daging, atau aci dengan terigu.

CIMOL
Berupa bulatan-bulatan kecil berbahan pokok aci. Biasanya dibubuhi penyedap dan juga lada bubuk.

CIBAY
Ini yang lagi ngtrend di Cianjur. Cibay, " aci ngabarabay", berupa makanan berbahan aci, ayam, dan juga sedikit bihun. Digoreng mirip pastel. Para pedagang menjual satu bijinya seharga seribu.
Sebenarnya masih banyak kuliner-kuliner murah, merakyat, dan tradisional tentunya yang "menghiasi " jagat kuliner Sunda.

Semua ini membuktikan kreativitas manusia untuk memberdayakan akalnya, tak pernah berhenti. Dan yang jelas pula, benarlah bahwa Allah menghamparkan rezekinya kepada semua makhluk. Tinggal pertanyaannya, mau atau tidak kita menjemputnya.

Semoga bermanfaat:)









Termasuk Kategori : Cerita Kang Deni
0 Komentar untuk "Kuliner Kreatif Ala Orang Sunda"

Back To Top