6 Syarat Sukses dalam Belajar

BACA JUGA :

Mesjid At-Tarbiyah, SMPN 1 Mande
( Denikurnia.com) Sukses dalam belajar? Itu tentu menjadi harapan bagi siapa saja yang sedang menuntut ilmu. Halangan rintangan dan kesulitan, akan terbayar ketika keberhasilan dapat diraihnya. Hampir semua orang menyadari bahwa ilmu itu sangat penting. Dalam kitabnya " Diwaan", Imam Syafi'i menegaskan bahwa, " Barangsiapa yang menghendaki dunia, maka harus dengan ilmu. Dan barangsiapa yang menghendaki akhirat maka harus dengan ilmu"

Nasihat Imam Syafi'i tersebut mengisyaratkan bahwa kemudahan dan kesuksesan hidup baik di dunia maupun di akhirat dapat dicapai oleh manusia melalui ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan tidak akan mudah diperoleh, kecuali dengan beberapa cara dan strategi yang harus dilalui.

Dalam kitab "Diwaan", Imam Syafi'i mengemukakan 6 Syarat Sukses dalam Belajar, yaitu ;

1. Kecerdasan
Kecerdasan itu ada dua, yaitu kecerdasan bawaan dan kecerdasan karena didikan. Dua-duanya saling berkaitan. Seseorang yang cerdas sejak lahir, bila tidak dididik, maka kecerdasannya tidak akan maksimal. Begitu juga sebaliknya, bila seseorang kurang cerdas secara bawaan, namun ulet dalam belajar, maka akan cerdas juga.

2. Kemauan yang kuat
Belajar memerlukan sikap mental yang baik, kuat dalam kemauan, tidak mudah menyerah. Karena belajar itu pasti akan menemui kesulitan dan rintangan.

3. Kesungguhan
Ada ungkapan Arab, " man jadda wa jadaa", siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil. Dalam bahasa Sunda ada ungkapan " Lamun keyeng tangtu pareng", artinya sama dengan ungkapan Arab tadi.

4. Perbekalan yang cukup ( biaya )
Tentu, walaupun sekolah sekarang tidak memungut biaya, tetap saja dalam proses belajar diperlukan biaya ( perbekalan), karena berbagai situasi yang menuntut adanya kesiapan dari segi biaya.

5. Kedekatan dengan guru
Hal ini juga menjadi syarat kesuksesan dalam belajar. Kedekatan dengan guru dalam arti positif, menjadikan hubungan dan ikatan batin akan terjalin, sehingga memudahkan proses pembelajaran.

6. Waktu yang lama
Belajar yang maksimal tentu memerlukan waktu yang lama, tidak bisa instan, serba cepat. 

Semua hal di atas menjadi syarat keberhasilan dalam menuntut ilmu. Keberhasilan dimaksud bukan hanya ilmu dari guru bisa diserap, namun yang lebih penting, ilmu itu berkah. Berbuah menjadi amal sholeh, tidak sekedar dihafal di kepala.

Sahabat denikurnia.com, demikian uraian singkat mengenai 6 syarat Sukses dalam belajar, diambil dari Buku Siswa PAI kelas VII.
Termasuk Kategori : Opini
0 Komentar untuk "6 Syarat Sukses dalam Belajar"

Back To Top