Guru dan Pelajar Punya Blog, Tambah Kereen !

BACA JUGA :

DENIKURNIA.COM - Dunia maya sudah menjadi bagian hidup banyak orang. Hampir setiap orang memiliki akun media sosial, seperti facebook, twitter, dll. Ia menjadi sarana untuk bereksis ria, ajang "narsis", dan tentu untuk menjalin persahabatan. Antum juga punya kan akun Facebook, twitter, instagram, de-el-el?

Begitu juga dengan blog. Tiap hari muncul ribuan blog baru dari berbagai penyedia layanan blogging.

Apa itu blog?

Blog adalah layanan sharing teks, foto, video dlsb di dunia internet. Dengan blog memungkinkan orang untuk mengekspresikan daya fikirnya, melalui tulisan, foto, ataupun video. Bahkan akhir-akhir ini, blog juga menjadi sarana untuk berbisnis, lebih dikenal dengan bisnis online.

Bagaimana cara membuat blog?

Membuat blog sangaaaat gampang. Kita bisa memilih penyedia layanan mana yang cocok dengan keinginan kita. Sebut saja ada blogspot, wordpress, weebly, joomla, wapblog, mywapblog, dll, semuanya gratis! Denikurnia.com ini menggunakan layanan blogspot sebagai support service-nya.

Apa manfaat menulis di blog?

Banyak sekali manfaatnya. Apalagi bagi sahabat yang berprofesi sebagai guru, dokter, kalangan profesional yang menggeluti suatu keahlian, atau bahkan sebagai pelajar. Alhamdulillah, sejak 2007, saya menggeluti dunia blogging, dan mencoba membuat beberapa blog dari berbagai layanan. Dan yang fokus dikelola sekarang adalah www.denikurnia.com ( blog pembelajaran PAI),, www.diaf.pun.bz ( Dunia Islam ), www.islamkita.gratiss.info ( dunia islam ). Tak terhitung kenikmatan dan kemanfaatan kesukaan blogging ini....alhamdulillah.

Beberapa manfaat ngeblog ( istilah untuk pengelolaan blog ), khususnya bagi guru dan pelajar, antara lain :

1. Menyalurkan bakat menulis
Dunia pendidikan tidak terlepas dari aktivitas berfikir dan menulis. Aktivitas ini bisa lebih luas kemanfaatannya bila kita tuangkan dalam bentuk artikel blog. Tentu semakin banyak orang mendapat manfaat dari tulisan kita, insya Alloh mendapat pahala juga kan?

2. Sebagai penunjang pembelajaran
Denikurnia.com, dicoba untuk menjadi sarana pembelajaran, khususnya PAI. Materi pembelajaran, info, dan bahkan ulangan harian PAI, ke depannya berbasis online. Menurut survey sebuah lembaga pemerhati e-learning, pembelajaran secara bervariasi ( e-learning, berbasis TIK, dll ) akan menumbuhkan stimulus belajar yang besar, dibanding metode lama yang membosankan.

3. Menjadi media eksistensi pribadi dan sekolah/lembaga.
Tak dipungkiri, ada sebagian blogger yang menggeluti dunia blogging, dengan tujuan eksistensi diri. Apakah salah? Tidak juga. Semakin kita memberikan kontribusi melalui blog, dan makin banyak orang yang membaca tulisan kita, ya kita makin eksis dan dikenal banyak orang. Tahu kan tokoh Raditya Dika? Ia seorang blogger, dikenal, jadi deh bintang film dan komedi. Ada juga kepala SMKN di Jakarta, Pak Dedi Dwitagama, menjadi jutawan dan terkenal melalui blog. Dan masih banyak lagi contoh.

Mendingan mana, blogging atau facebook-an?

Dua-duanya penting. Kalau harus memilih, saya pilih blogging. Dengan ngeblog, ada nilai manfaat yang tidak bisa ditemukan dalam media sosial. Bagaimana dengan akun FB denikurnia.com? Fanpage Facebook, saya gunakan untuk share tulisan terbaru yang saya posting di www.denikurnia.com. Menurut statistik blog, pengunjung terbesar blog denikurnia.com, urutan ketiga berasal dari facebook, setelah google dan bing.

Bagaimana sahabat, tertarik untuk belajar nge-blog?

Denikurnia.com insya Alloh berniat memfasilitasi sahabat yang berkeinginan kuat untuk belajar blog. Tak rugi deh punya blog. Bahkan guru dan pelajar bisa lebih keren dengan blogging!

Bagi yang serius, sms atau call saja ke hotline center www.denikurnia.com, di 085759433921
Termasuk Kategori : Dakwah Sekolah, Guru Hebat
0 Komentar untuk "Guru dan Pelajar Punya Blog, Tambah Kereen !"

Back To Top