11 Macam Penyakit Guru Yang Harus dihindari

BACA JUGA :

DENIKURNIA.COM - Hari ini, 22 Oktober 2015, menjadi tonggak sejarah dengan ditetapkannya sebagai Hari Santri oleh presiden Jokowi. Kegembiraan melingkupi insan-insan fisabiilillah yang sedang menuntut ilmu di pesantren, madrasah, dan lembaga lainnya berbasis keagamaan. Menjadi angin segar dan pengakuan eksistensi lembaga pendidikan keagamaan. Nuhun Mas Joko!

Bagi guru, santri dan murid ataupun siswa, apapun sebutannya, tentu menjadi amanah tersendiri baginya untuk mendidik, membina, dan membimbingnya ke arah positif. Tugas guru berat juga. Selain menjadi sosok " digugu dan ditiru", ia pun memiliki tanggung jawab membimbing siswa atau santri, untuk mengenal Allah dengan aplikasinya di segala lapangan kehidupan.

Sebagai pengingat saja, dalam menjalankan fungsinya sebagai uswah ( teladan), sebagai pembimbing, sebagai pendidik bagi intelektualitas dan moralitas peserta didiknya, guru harus menghindari segala "penyalit" yang akan merongrong citra dirinya. Sahabat denikurnia.com, kali ini kami akan mengulas tentang " 11 Macam Penyakit Guru yang harus dihidari". Penasaran? Yuk kita simak saja sampai selesai.....

1. KUDIS = kurang disiplin
2. TIPES = tidak punya selera ( selera untuk membimbing siswa secara oftimal, asal-asalan)
3. ASMA = Asal masuk kelas ( tak punya konsep, asal hadir saja di kelas )
4. KUSTA = kurang strategi ( metodenya jadul, tak "up to date", bikin jenuh...)
5. KRAM = kurang trampil ( kemampuannya tak di-upgrade, mengandalkan ilmu seadanya)
6. LESU = Lemah sumber ( sumber utamanya BUKU, tak bersemangat mencari referensi lainnya)
7. ASAM URAT = Asal Sampaikan Materi, Urutan Kurang Akurat ( Ngaler ngidul, tak berkonsep)
8. MUAL = mutu amat rendah ( ya...itu gara-gara guru tak mau belajar lagi)
9. DIARE = dikelas oleh anak-anak diremehkan
10. TBC = tidak bisa Computer ( alias gaptek )
11. GINJAL = gaji nihil, jarang aktif dan lambat

Adakah salah satu yang cocok dengan kita? Wallohu a'lam. Yang jelas, yang namanya penyakit pasti jelek. Tak ada satu orangpun di dunia ini yang ingin sakit, semua ingin sehat. Sehat lahir batin. 11 penyakit di atas adalah penyakit batin, yang kalau tidak disadari, akan merusak kredibilitas seorang guru.
Termasuk Kategori : Guru Hebat
0 Komentar untuk "11 Macam Penyakit Guru Yang Harus dihindari"

Back To Top