Berwisata Ke Taman Satwa Cikembulan Garut

BACA JUGA :

DENIKURNIA.COM -  Sahabat PAI, sebagaimana kita fahami dan kita yakini, semua yang terjadi semua yang tercipta di alam ini, tidaklah sia-sia, " wamaa kholaqta haadza baathilaa...". Semua mengandung pelajaran dan hikmah, semua mengandung kebaikan yang Allah berikan kepada kita. Tentu dengan syarat, kita bisa memaknainya dengan positif.

Termasuk setiap perjalanan atau safar. Insya Allah akan penuh dengan hikmah, seandainya kita gali dan kita renungi. Mungkin macet, atau ada rintangan dll. Semua mengandung kebaikan, termasuk fenomena alam yang kita temui dan kita hadapai dalam perjalanan.

Posting sederhana kali ini, denikurnia.com berbagi sedikit pengalaman hari ini. Ceritanya, bersama keluarga, saya berangkat ke Bandung dan Garut untuk bersilaturahim dengan keluarga besar di sana, plus "berwisata" ke sebuah tempat yang penuh ketakjuban, bagi kami. Tempat itu bernama " Taman Satwa Cikembulan", yang berada di kampung Jati Desa Cikembulan Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut.

Lho kenapa ke taman satwa atau kebun binatang? 

Alasannya, sederhana juga. Tempat itu hanya berjarak 25 meter dari rumah saudara kami. Dan alasan berikutnya, di tempat itu kami berusaha untuk mentadaburi alam. Dan alhamdulillah, dengan segala pengalamannya di taman satwa tersebut, "anggota rombongan" terdiri dari saya, istri dan anak-anak, cukup menikmati dan bahagia bisa berkunjung ke tempat tersebut.

Apa nih oleh-olehnya?

Banyak, sahabat. Yu kita urai satu persatu.

# What is Taman Satwa Cikembulan?

Menurut situs resminya, Taman Satwa Cikembulan adalah......
Taman Satwa Cikembulan dengan luas area +/- 5 ha, didirikan untuk menghadirkan satwa-satwa liar di tengah kehidupan keseharian masyarakat Garut khususnya dan Jawa Barat pada umumnya. Agar kita dapat mengenal dan melihat langsung dan melihat lebih dekat

Taman Satwa Cikembulan didirikan berangkat dari hoby sekitar tahun 1998. Dan dibuka untuk umum pada tahun 2009 setelah mendapat ijin dari Kementrian Kehutanan republik Indonesia.

Taman Satwa Cikembulan adalah taman yang ada satwanya, satwa yang dihiasi taman. Untuk melengkapi kekurangan atau keterbatasan satwa yang ada, maka disediakan fasilitas-fasilitas lain, seperti :
  • Restoran
  • Gazebo
  • Bungalow
  • Terapi Ikan
  • Arena Mainan Anak
  • ATV
  • Kuda Tunggang
  • Tempat Pancing
  • Dan lain sebagainya

# Apa saja koleksi hewannya?
Lumayan, ada mamalia, reftil, burung-burung, babi hutan, termasuk raja hutan dan orang utan ( utan semua.....)

Biar lebih jelas kita lihat beberapa koleksi foto yang diambil di Taman Satwa Cikembulan.

Burung Kasuari, salah satu koleksi burung yang ada di Taman Satwa Cikembulan. Subhanalloh, salah satu kekuasaan Allah menciptakan hewan secantik ini.

Ibu dan anak ( istriku dan anakku) berfoto bersama dengan gajah. Tapi sayang, gajahnya hanya patung belaka. Sampai sekarang di sana belum ada hewan bertelinga besar dan berhidung panjang, alias gajah.

Deni Kurnia dengan putri sulungnya. Apa yang dilakukan? berendam di kolam ikan, dan ternyata ikan-ikan kecil di kolam ini menggigit-gigit halus kulit, ini sebagai terapi ikan. Fasilitas ini termasuk favorit pengunjung, berwisata sambil membersihka daki di kaki.....

Macan tutul, bersantai ria di atas sebatang pohon. Ukurannya lumayan besar...baru ada satu. Koleksi lainnya ada juga sepasang harimau Sumatera, besar-besar....


Tempatnya lumayan asri, cocok untuk tempat "rendezvous" keluarga.

Surili.....( yang sebelah kanannya, kalau sebelah kirinya itu mah anakku), hewan mirip monyet yang lucu banget, bisa kita elus-elus dan "bersalaman".

Tahu kan yang dua ini? Ya..raja hutan, Singa. Menakjubkan, kita bisa sedekat ini, sekitar 50 cm-an dengan pemangsa ganas ini. Ada dua ekor singa yang menghuni taman satwa ini, jantan dan betina. 

Berfose lagi.....tadi sudah dibahas ya?

Ini dia, Deni Kurnia dan istri. Berdua di bawah payung ungu, menikmati Taman Satwa Cikembulan, bertemu dengan hewan-hewan ciptaan Allah yang penuh ketakjuban, betapa sempurnanya penciptaan-Nya.

Akhirul kalam....
Allah memiliki sifat Al Khobir ( maha teliti ). Di bagian mana ada kekurangan dalam penciptaan-Nya? Tidak ada, semua diciptakan dengan maha teliti. Allah juga memiliki sifat Al 'Alim ( maha mengetahui ). Semua yang ada di langit dan di bumi dan di antara keduanya, tak luput dari pengawasaan dan kekuasaannya. Apakah kita akan "mencoba" untuk bersembunyi dari pengawasan-Nya?




Termasuk Kategori : Tadabbur
2 Komentar untuk "Berwisata Ke Taman Satwa Cikembulan Garut"

Padahal mampiri dulu ke Rumah Baca AsmaNadia Kadungora, dekat Wihoga...

Oh gitu ya kang, belum tahu. Insya Allah kalau ada "takdir"nya bisa berkunjung, pasti bisa berkunjung.

Kang Yus, kirim artikel tentang profil Asma Nadia, saya muat di denikurnia.com

Back To Top