Guru Yang Disenangi Murid, Mungkin Ini Ciri-cirinya !

BACA JUGA :


Denikurnia.com - Menjadi guru yang baik itu, ternyata susah juga. Guru yang baik biasanya disukai murid-muridnya. Memang tugas guru bukan untuk memberikan "kesenangan" bagi murid-muridnya. Tugas ia yang utama adalah membimbing peserta didik untuk menggali dirinya akan segala potensi, bakat, dan kecenderungan dirinya, ke arah yang baik, berdasar parameter Al Qur'an dan assunnah tentu.

Berkeinginan untuk menjadi guru yang disenangi murid, tentu bukanlah hal yang salah. Ketika saya bersekolah dulu, di SMP dan juga di SMA, ternyata kesukaan terhadap seorang guru, otomatis ke pelajaran yang diampunya juga senang. Dampak baiknya, prestasi dalam pelajaran tersebut cukup baik.

Nah, denikurnia.com kali ini mencoba berbagi tentang ciri-ciri guru yang disukai muridnya. Yuk kita simak!

1. Guru yang menguasai materi pelajaran.
Guru yang seperti ini tidak selalu"melototi" buku pelajaran. Materi pelajarannya sudah ia fahami, sehingga dalam menjelaskannya lancar, dan enak didengar.

2. Guru yang menguasai metode pembelajaran.
Beragam metode ia kuasai. Bahkan ia sudah memperkirakan metode yang mana yang cocok dengan materi, dan kultur kelas, yang dituangkan dalam perencanaan. Pembelajaran akan menarik jika guru menguasai materi dan metode.

3. Guru yang memahami gaya belajar muridnya.
Gaya belajar manusia berbeda-beda. Ada yang faham dengan mendengar, ada juga yang lebih faham dengan visual atau melihat, dengan psikomotorik dll. Guru yang menguasai gaya belajar ini akan memperlakukan muridnya sebagai makhluk individu, bukan disamaratakan.

4. Guru yang memahami psikologi perkembangan anak.
Mengajar anak TK tentu beda dengan SD, SMP, bahkan SMA. Membutuhkan pengetahuan psikologi perkembangan muridnya, sehingga dalam pembelajaran akan ada penyesuaian-penyesuaian, sesuai usia anak.

5. Guru yang berpenampilan menarik.
Menarik, bukan berarti guru harus cantik ataupun tampan. Guru menarik tentu memperhatikan penampilannya, cara berpakaian dll. Tentu tak elok deh bila guru perempuan memakai sepatu hak tinggi, tiba-tiba jatuh karena belum biasa, dan murid tertawa....

6. Guru yang humoris.
Guru humoris...top banget. Ia tidak kaku, tidak dogmatis. Ketika KBM berlangsung, diselingi humor-humor yang sesuai dan pantas.

7. Guru yang menjadi contoh atau teladan bagi muridnya.
Guru itu "digugu" dan "ditiru", jadi contoh baik bagi muridnya. Bayangkan sahabat, guru berkoar "jangan merokok" sambil memegang sebatang rokok dan dihirupnya. Apa kata dunia?

8. Guru yang up to date.
Guru yang disukai muridnya, guru yang "up to date". Ia mengikuti perkembangan keilmuan dan zaman, tapi tetep "keukeuh" memegang prinsip. Dirinya selalu haus untuk menimba ilmu-ilmu baru, yang berguna untuk meningkatkan kompetensinya.

9. Guru yang tidak gaptek.
Sekarang zaman facebook, twitter, instagram, blog, dll. Guru juga harus masuk ke wilayah itu. Semua media tersebut bisa menjadi penunjang pembelajaran. Guru juga dituntut menguasai komputer. Kurikulum Nasional menuntut pembelajaran berbasis teknologi.

10. Guru yang tegas, bukan kasar.
Guru yang tegas dalam menerapkan aturan, tapi fleksibel dalam memberikan "vunisfment" atau hukumannya.

11. Guru yang hadir di kelas.
Nah ini yang terakhir. Sehebat apapun, seterkenal bagaimanapun seorang guru, kalau tidak hadir di kelas, yang apa jadinya. Walau sekarang guru bukan satu-satunya sumber ilmu, tapi kehadiran guru, menjadi hal utama.

Menjadi guru yang disukai muridnya, tentu memberikan semangat. Bagi guru itu sendiri, maupun bagi muridnya. Suasana nyaman, tenang, dan kondusif dalam belajar, akan berpengaruh bagi keberhasilan tujuan pembelajaran.

"The experince is the best teacher", pengalaman adalah guru terbaik. Kekurangan dan kelemahan guru, bisa diperbaiki bila guru mau belajar dari pengalaman. Insya Alloh.....
Termasuk Kategori : Guru Hebat
4 Komentar untuk "Guru Yang Disenangi Murid, Mungkin Ini Ciri-cirinya !"

Kalau saya suka guru yang humoris tapi cerdas dalam menyampaikan materi sehingga saya benar-benar paham

Benar sahabat, guru yang humoris tak bikin kita "bete". Makanya menjadi tantangan bagi guru untuk memiliki kepribadian yang mumpuni dalam memberikan pendidikan bagi peserta didik.....syukron atas komentarnya.

Menjadi seorang guru memang susah ya pak. Tidak semua orang bisa menyampaikan dengan humor tapi nyambung

benar akhi, perlu keseriusan. Kalau hanya menyampaikan materi, ya gampang. tapi lebih dari itu.....perlu belajar lagi

Back To Top