Mengajar adalah Seni Mengajarkan Pemahaman

BACA JUGA :

DENIKURNIA.COM – “Mengajar adalah proses dan seni memberikan pemahaman bagi anak didik, tentang materi pelajaran, tentang aplikasinya dalam kehidupan”, demikianlah wawancara reporter denikurnia.com, Cholifah Nur Wahyuni, dengan salah seorang guru SMPN 1 Mande, Bu Yuliana Gultom, yang sehari-hari dipanggil Bu Yuli.

Bu Yuliana Gultom, mengajar mata pelajaran IPA,  lahir di Jakarta  pada tanggal 5 Juli 1981. Mengenyam pendidikan dasar di SD Abadijaya II Depok II Timur, dan melanjutkan ke SMP Negeri 2 Cianjur. Pendidikan menengahnya diperoleh di SMA Negeri 1 Cianjur, . Tamat SMA, beliau melanjutkan ke Universitas Pendidikan Indonesia ( UPI ) Bandung, Jurusan Pendidikan Fisika, dan gelar S2 nya diperoleh di UNP Jurusan Teknologi Pendidikan .

Bu Yuli, ketika sedang menuntut ilmu, bercita-cita menjadi seorang dokter, dan juga guru. Dan Allah menakdirkan, beliau menjadi guru. Ketika ditanya moto hidupnya, beliau dengan singkat dan padat mengatakan, moto hidup saya adalah “ Hari ini harus lebih baik dari kemarin” ( Akur bu, sesuai hadits nabi ya... ).

Guru yang Ibu senangi waktu sekolah, yang bagaimana bu?

Menurutnya, guru yang disenangi adalah yang :
      1.       Disiplin
      2.       Cara mengajarnya menyenangkan
      3.       Memahami metode mengajar sehingga mudah difahami

Bagaimana cara membentuk akhlak yang baik di kalangan siswa?
Cara yang beliau sampaikan, dengan memberikan pemahaman tentang pentingnya akhlak yang baik, dan memotivasi siswa untuk suka belajar.


Terakhir, beliau memberikan pesan untuk denikurnia.com, semoga lebih maju dan disukai banyak orang. Aamiin


Reporter www.denikurnia.com
Cholifah Nur Wahyuni

Termasuk Kategori : Guru Hebat
0 Komentar untuk "Mengajar adalah Seni Mengajarkan Pemahaman"

Back To Top