6 Hal Penyebab Malas Beribadah

BACA JUGA :


Peleton SSG-29 Pengaman Milad ke-25 Daarut Tauhiid 
DENIKURNIA.COM - Pernahkan Sahabat merasa malas untuk beribadah? Berat sekali untuk ikut sholat berjamaah, misalnya. Selalu banyak alasan untuk tidak melaksanakan suatu ibadah. Artikel berikut ini akan mencoba mengulas penyebab-penyebab rasa malas untuk beribadah. Happy reading !

6 Hal Penyebab Malas Beribadah
  • Melakukan ibadah bukan ikhlas karena Allah
Terselip di hati keinginan duniawi, ingin dipuji, ingin mendapat harta dari ibadahnya, dll, sehingga ibadahnya suatu ketika akan merasa bosan melaksanakannya
  • Tidak jelas tujuannya
Yang ada dalam fikiran dan hatinya, melulu kepentingan duniawi. Jarang mengingat kematian. Tujuan ibadahnya hanya untuk mendapatkan kesenangan dunia semata, bukan bertujuan mendapat ridho Allah SWT.
  • Tinggal di lingkungan yang kurang kondusif untuk beribadah
Lingkungan yang kurang kondusif dapat mempengaruhi semangat dan ke-istiqomahan kita dalam melaksanakan ibadah. Lebih jauhnya, kita justru terpengaruh sehingga lama-kelamaan menjadi malas.

  • Tidak mau menambah ilmu
Ilmu itu pupuk iman. Kurang ilmu, iman berkurang. Ada perasaan cukup dengan ilmu yang ada, bahkan merendahkan orang lain dari segi keilmuan. 
  • Tidak bersilaturahmi dengan orang-orang soleh
Motivasi dan nasehat dari orang-orang yang soleh akan menambah kesemangatan kita dalam beribadah. Bahkan ketika kita memiliki persoalan atau masalah, mereka bisa memberikan jalan solusi atas kehendak Allah. Kita menjauhkan diri dari mereka, dan cenderung mendekatkan diri dan bergaul dengan orang yang salah, akan menimbulkan akibat negatif.
  • Hari-hari dijalani tanpa rencana dan tanpa target
Sudah kita fahami bersama, Nabi Muhammad SAW pernah menyatakan, siapa yang hari ini sama dengan kemarin, itu tanda kerugian. Apalagi jika hari ini lebih buruk dari kemarin, wah itu celaka. Memiliki target dan rencana dalam beribadah, untuk senantiasa berbuat lebih baik lagi, akan menghindarkan diri kita dari malas beribadah yang merugikan tentunya.

Solusinya agar tidak malas beribadah.......
Agar kita lebih semangat lagi dalam beribadah, kita lakukan hal sebaliknya dari penyebab-penyebab rasa malas di atas, antara lain :

  1. Belajar ikhlas, semata ibadah yang dilakukan hanya karena Allah SWT
  2. Perjelas tujuan ibadah, untuk bekal akhirat bukan untuk kesenangan duniawi
  3. Kalau memungkinkan hijrah, ya hijrahlah ke suatu lingkungan yang mendorong kita agar giat beribadah
  4. Terus tambah ilmu. Dunia berkembang pesat, harus diimbangi dengan kelimuan yang cukup. Masalahpun makin banyak, harus diimbangi dengan solusi berdasarkan ilmu yang terus digali
  5. Banyak bergaul dengan orang-orang soleh
  6. Buatlah target, mujahadah-lah untuk selalu memperbaiki diri.
Demikian sahabat, 6 hal penyebab malas beribadah dan solusinya, semoga bermanfaat untuk kita semua. Amiiin.....


Termasuk Kategori : Ibadah
0 Komentar untuk "6 Hal Penyebab Malas Beribadah"

Back To Top