Dunia Malam Para Kekasih Allah SWT

BACA JUGA :


DENIKURNIA.COM – Menghidupkan malam – dengan shalat tahajud, tilawah Al Quran, berzikir, bermuhasabah dan amal ibadah lainnya—sesungguhnya merupakan “tradisi” yang hidup di kalangan salafush-shalih. Sebagaimana ramainya mereka melakukan ragam amal kebajikan pada siang hari, ‘dunia malam’ mereka sesungguhnya tak pernah sunyi dengan ragam kegiatan ibadah dan amal-amal shalih.

Shalat tahajud adalah salah satu kesibukkan mereka pada malam hari selain zikir, tilawah al Quran dll.  Ini karena shalat malam diperintahkan langsung oleh Allah SWT di dalam Al Qur’an kepada Rasulullah Muhammad SAW.

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا (٧٩)

"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji."

SHALAHUDDIN AL-AYYUBI

Salahuddin Al-Ayyubi, karena pemahamannya yang mendalam tentang Islam, juga menyadari bahwa shalat malam adalah salah satu kunci kemenangan kaum Muslimin atas msuh mereka. Karena itu beliau sering mengontrol kemah anak buahnya setiap malam. Jika beliau tak menjumpai seorangpun yang mengerjakan shalat malam, beliau segera membangunkan mereka dan memarahi mereka seraya berkata, “ Saya khawatir, kita diserang musuh malam ini, dari kemah ini.”

Demikianlah Salahuddin Al-Ayyubi. Beliau menganggap tidak adanya shalat malam sebagai celah yang lebih berbahaya daripada celah pada benteng hingga musuh bisa menyerang dari celah itu.

KHALID BIN WALID

Sejak permulaan jihad hingga berjumpa dengan Allah SWT, Khalid bin Walid ra dan kawan-kawannya biasa mengerjakan shalat malam berjam-jam dan membaca banyak ayat Al Qur’an di dalamnya. Ia sering menangis sehingga membat sahabat yang lainnya juga menangis. 

Siapapun yang pernah berinteraksi dengan mereka itu berkomentar, “ Khalid dan rekan-rekanya seperti para malaikat dalam wujud manusia.” Barangkali inilah, selain sebab-sebab lain, salah satu kunci sukses jihad Khalid bin Walid ra dalam setiap medan peperangan di jalan Allah SWT melawan orang-orang kafir.

Demikian pula para sahabat yang lainnya, generasi tabi’in, dan generasi  sesudahnya, selalu menghidupkan malam dengan shalat malam dan amal-amal lainnya.

Dengan seringnya menghidupkan malam-malam kita dengan ragam ibadah, berarti kita menghidupkan tradisi yang baik yang dilakukan oleh generasi salafush-shalih. Dengan itu insya Allah, kita bisa meraih apa yang telah diraih oleh mereka—yaitu para kekasih Allah SWT yang Dia ridhoi—yakni kedudukan terpuji di sisi-Nya, di dunia dan di akhirat nanti.

( Inspirasi dari Media Umat)



Termasuk Kategori : Ibadah
0 Komentar untuk "Dunia Malam Para Kekasih Allah SWT"

Back To Top