Gambaran Bentuk Fisik Rasulullah SAW

BACA JUGA :


DENIKURNIA.COM - Rasulullah SAW, manusia terpilih yang menjadi kekasih Allah SWT, sekaligus idola, panutan, dan tauladan bagi seluruh umatnya. Beliau sangat sayang kepada umatnya, bahkan ketika hendak meninggal, beliau mengkhawatirkan umatnya, " umatii..umatii..umatii..".Akhlak beliau, menurut Ummul Mukminin, adalah Al Qur'an berjalan. 

Mengenal beliau, sirah, perjuangan, dan akhlaknya, akan menambah kecintaan kita kepada Rasulullah SAW. Dan yang juga tak bisa kita lupakan, kita juga dianjurkan untuk mengetahui bentuk fisik beliau. Memang ada larangan untuk menggambarkan wajah beliau. Bentuk fisik Rasul terakhir ini bisa kita ketahui dari sejumlah hadits yang shohih.

POSTUR TUBUH

" Badan Rasulullah SAW tinggi tegap, namun tidak terkesan jangkung. Perutnya tidak buncit." ( HR Ibn Hisyam )
" Dari Abu Hurairah ra: Rasulullah SAW dada dan perutnya rata." ( HR Ibn Sa'ad )

WARNA KULIT
Diriwayatkan dari Anas bin Malik : " Rasulullah SAW warna kulitnya putih bersih bukan putih pucat atau hitam. " ( HR. Bukhari dan Muslim )

TINGGI BADANNYA
Dari Anas ibn Malik ra, berkata : " Rasulullah SAW tinggi tegap, namun tidak terkesan jangkung." ( HR Bukhari dan Muslim )
Dari al-Bara' ra berkata :" Rasulullah SAW merupakan orang yang paling tampan wajahnya dan paling baik akhlaknya, ( postur tubuhnya) tidak jangkung dan juga tidak pendek." ( HR Bukhari dan Muslim )
Dari Ali bin Abi Thalib karomallohu wajhah, berkata :
" Postur tubuh Rasulullah SAW tidak jangkung, tidak juga pendek, kepalanya agak besar, berjenggot lebat, telapak tangan dan kaki tebal, wajahnya agak kemerahan, bulu dada yang tipis dan memanjang, bahunya besar, jika berjalan tubuhnya bergoyang seolah sedang menuruni tanah yang landai. Sungguh saya belum pernah melihat orang lain seperti ini, baik sebelumnya atau sesudahnya." ( HR At-Tirmidzi dan Ahmad )

MATA RASULULLAH SAW
Dari Abu Hurairah ra berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda :
" Apakah kalian menyangka bahwa posisiku di sini dan di sini, demi Allah tidak terhalang dari penglihatanku ruku' kalian ataupun sujud kalian. Sesungguhnya aku dapat melihat apa yang ada di belakang punggungku." ( HR Bukhari dan Muslim )
Dari Anas ra berkata, Rasulullah bersabda :" Wahai manusia, saya berada di depan kalian, jangan mendahului aku dalam ruku' dan jangan pula dalam sujud. Sesungguhnya aku melihat kalian baik yang berada di depan maupun yang di belakang." ( HR Muslim )
Dari 'Aisyah ra berkata :" Rasulullah SAW dapat melihat dalam keadaan gelap maupun terang." ( HR Ibn Adiy, Baihaki, dan Ibn Asakir )

HIDUNG RASULULLAH SAW
Dari Hasan ibn Ali ra :
" Rasulullah SAW memiliki hidung yang mancung namun kecil tulang hidungnya." ( HR Ibn Sa'ad )

GIGI RASULULLAH SAW
Ibnu Abbas ra meriwayatkan :" Gigi depan Rasulullah SAW tampak renggang. Ketika berbicara, di antara gigi depan beliau itu seperti keluar cahaya." ( HR At-Tirmizi dan Ad-Darimi )

RAMBUT RASULULLAH SAW
Bar'ah bin Azib bercerita bahwa :
" Saya tidak pernah melihat seorang pun yang lebih baik ketika mengenakan pakaian berwarna merah dari Rasulullah SAW. Ujung rambut beliau tergerai menyentuh pundak beliau." ( HR Bukhari dan Muslim )

JANGGUT
Ali bin Abi Thalib ra meriwayatkan:
" Kepala baginda    Rasulullah SAW tidak kecil dan jenggotnya tebal." ( HR Imam Ahmad )
Sa'ad ibn Abi Waqash ra berkata :" Jenggot dan rambut Rasulullah SAW lebat dan hitam." ( HR Ibn Sa'ad ) 

Demikian sahabat, beberapa ciri bentuk tubuh Rasulullah SAW, berdasar hadits shahih. Semoga paparan ini menambah kecintaan kita kepada beliau.
Termasuk Kategori : Cinta Nabi
0 Komentar untuk "Gambaran Bentuk Fisik Rasulullah SAW"

Back To Top