Obyek Wisata Unggulan Cianjur ( part 1 )

BACA JUGA :

DENIKURNIA.COM - Cianjur itu terkenal dengan sebutan "kota Santri", mungkin karena banyaknya pesantren yang ada di kabupaten ini. Atau karena "anggah-ungguh" dan tatakrama orang-orang Cianjur yang lembut dalam berbicara, santun dalam bersikap. Itu dulu. Kalau sekarang? Wallahu a'lam. 

Selain sebagai Kota Santri, Cianjur juga terkenal dengan kulinernya. Sebut saja, Tauco Cianjur, Manisan Cianjur, Bubur Ayam Cianjur. dll. Ada juga bahan pangan, beras Cianjur, selain ayam pelung juga sebagai ternak unggulan.

Di bidang wisata alam, Cianjur juga memiliki banyak ragam tempat wisata "eksotik" dan cocok sebagai tujuan liburan sahabat. Tentu deh sambil tadabbur, menghayati Maha Sempurna-nya penciptaan Allah SWT.

Ada beberapa tempat wisata yang menjadi unggulan Kabupaten Cianjur, di antaranya :

WADUK JANGARI

Objek wisata Jangari yang terletak di Desa Bobojong, Kecamatan Mande yang berjarak lebih 17 kilometer dari pusat kota Cianjur, memiliki luas sekitar 15 hektar.  Lokasi Jangari  sangat strategis karena berada pada titik pertemuan dua lintasan pintu masuk menuju wilayah pengembangan pariwisata Cirata yaitu dari arah Cianjur (Jakarta dan Bogor) serta Ciranjang (dari Bandung) yang memiliki potensi pasar wisatawan yang sangat besar. Untuk menuju ke Jangari terdapat rute angkutan umum dari pusat kota Cianjur.
ISTANA CIPANAS

ISTANA Kepresidenan Cipanas memang istimewa. Selain tercatat sebagai Istana Kepresidenan  tertua di tanah air, keberadaan Istana Cipanas juga acap kali menjadi saksi sejarah momentum penting, baik dalam ruang lingkup nasional maupun internasional.

Istana Kepresidenan Cipanas tergolong istana paling tua dibanding dengan lima Istana Kepresidenan lainnya Istana Negara Jakarta, Istana Merdeka Jakarta, Istana Bogor, Gedung Agung Yogyakarta, dan Istana Tampaksiring Bali).

Salah satu peninggalan sejarah kebanggaan warga Cianjur ini terletak persis di kaki Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat (Jabar) dengan ketinggian  1.100 meter diatas permukaan laut.

Adapaun akases menuju Istana Cipanas kurang lebih 103 kilometer dari arah Jakarta dan 83 kilometer dari arah Bandung. Jarak yang relatif lebih mudah dijangkau dari pusat kota utama, apalagi jika situasi dan kondisi arus lalu lintas benar-benar lancar tanpa keberadaan titik-titik kemacetan di ruas jalan tertentu yang dilalui. ( beritacianjur.com)

KEBUN RAYA CIBODAS
Kebun Raya Cibodas yang terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur ini. Memang tepat berada di bawah kaki gunung Gede Pangrango dengan ketinggian 1.275 m dpl dan bersuhu udara 17 – 27 derajat Celcius. Bayangkan betapa sejuk dan segarnya udara di kebun raya yang satu ini.
Sejarah Kebun Raya Cibodas menurut beberapa sumber, didirikan pada tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann, seorang ahli Botani Belanda, sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor pada lokasi di kaki Gunung Gede. Awalnya beliau membuka kebun raya ini untuk perkebunan kina. Tapi Ternyata tanah Cibodas tidak cocok untuk pohon kina. Dengan curah hujan 2.380 mm per tahun dan suhu rata-rata 18 derajat Celsius, akhirnya kebun botani ini dikhususkan bagi koleksi tumbuhan dataran tinggi basah tropika, seperti berbagai tumbuhan runjung dan paku-pakuan.
Nah, pada saat bibit pohon kina yang datang dari negeri Belanda tiba di Batavia yaitu pada 11 April 1852 ini yang kemudian dijadikan hari lahirnya Kebun Raya Cibodas. Uniknya setiap tanggal 11 April, Anda bisa bebas masuk ke Kebun Raya Cibodas gratis. Jadi bagi Anda yang suka gratisan silahkan kunjungi Kebun Raya Cibo.das pada tanggal tersebut. ( wisatacibodas.com)
Insya Allah tempat wisata lainya di Cianjur akan diposting berikutnya. Tapi, yang harus kita setujui bersama, adalah bahwa keindahan, keelokan suatu tempat wisata, harus menjadi sarana kita merenungi dan menyadari bahwa semua itu adalah ciptaan Allah. Wallahu a'lam.
Termasuk Kategori : Cerita Kang Deni
0 Komentar untuk "Obyek Wisata Unggulan Cianjur ( part 1 )"

Back To Top