Mencintai Guru, Kunci Keberkahan Ilmu

BACA JUGA :

DENIKURNIA.COM – Hubungan guru dengan murid seharusnya sangat dekat, dalam arti saling mencintai karena Allah SWT. Murid hormat dan sayang pada guru. Guru mencintai murid sebagai amanah. Murid yang berakhlak buruk kepada gurunya, tidak akan berkah ilmunya. Lantas, bagaimana menumbuhkan kecintaan kepada guru? Berikut tips dari denikurnia.com agar Sahabat bisa mencintai guru dengan ikhlas.

  • Mengedepankan adab sopan santun

Antara lain menyimak dengan serius, tidak berisik, merendahkan suara dll. Sahabat Abu Sa’id Al-Khudri ra berkata, “ Saat kami sedang duduk-duduk di mesjid, maka keluarlah Rasulullah SAW kemudian duduk di hadapan kami. Maka seakan-akan di atas kepala kami terdapat burung. Tak satupun di antara kami yang bisara.” (HR.Bukhari)

  • Bersabar atas sikap guru

Kadang ada guru yang dicap galak, guru killer dan sejenisnya. Murid harus diajarkan tetap sabar agar benar-benar sukses menyerap ilmunya. Iman Syafi’i berkata,” Bersabarlah terhadap kerasnya sikap seorang guru. Sesungguhnya gagalnya mempelajari ilmu karena memusuhinya.”
  • Tidak membicarakan kejelekan guru di belakang mereka

Kebiasaan ibu-ibu misalnya, membicarakan guru anaknya begini-begini. Tapi kalau di rapat, diam seribu bahasa. Nah, ini bukti tidak cintanya orang tua kepada guru.
  • Tidak pelit memberikan apresiasi

Guru tentu tidak minta dipuji, apalagi balasan materi. Tapi apresiasi dalam bentuk lisan, tulisan, bahkan materi akan menjadi tanda terima kasih kita terhadap jasa guru. Tentu niatnya tulus, bukan dimaksudkan untuk “ menyuap”.
  • Mendoakan para guru

Dicontohkan Imam Ahmad. Beliau adalah muridnya Imam Syafi’i dan sangat mencintai gurunya. Bahkan perkataan beliau yang terkenal, “ Setelah saya mengenal guru saya ( Imam Syafi’i), saya tidak pernah shalat dua rakaat kecuali saya mendoakan beliau.”

Sungguh adab-adab terhadap guru itu telah dicontohkan dalam Islam dan tidak dimiliki umat lain, kecuali umat Islam. Maka itulah harus ditanamkan pada orang tua dan anak-anak. Dengan saling cinta dan membutuhkan, tidak akan muncul benih-benih konflik antara guru dan murid, antara orang tua dan guru. Wallahu a’lam...

( media umat)
Termasuk Kategori : Guru Hebat
0 Komentar untuk "Mencintai Guru, Kunci Keberkahan Ilmu"

Back To Top