Riset : 2070 Jumlah Muslim akan Lebih Banyak dari Kristen

BACA JUGA :


DENIKURNIA.COM – Akhir abad ini, jumlah Muslim diperkirakan akan melampaui jumlah pemeluk Nasrani. Perkiraan ini disampaikan oleh Pew Research Centre yang berbasis di Washington DC, Amerika Serikat.

Kristen telah ada tujuh abad lebih dulu dari Islam, namun Islam akhirnya menyusul,” kata Cooperman, Direktur Penelitian Agama di Pew, beberapa waktu lalu, seperti dikutip viva.co.id dari npr.org.

Hingga saat ini, Kristen masih menjadi agama terbesar di dunia, dengan jumlah pengikut mencapai 2,2 miliar. Namun lembaga penelitian ini menilai, Islam adalah agama dengan pertumbuhan yang sangat cepat di dunia.

Jumlah pemeluk Islam akan terus meningkat dan mencapai 30 persen pada tahun 2030, jika dibandingkan dengan pertumbuhannya yang hanya mencapai 23 persen pada tahun 2010. Itu artinya, pada tahun 2050, jumlah Muslim di seluruh dunia akan mendekati seimbang dengan Kristen.

Jika pertumbuhan pemeluk Islam terus meningkat cepat, data yang disampaikan oleh Pew menunjukkan, Muslim dipastikan melampaui jumlah pemeluk Kristen pada akhir tahun 2070.

Menurut lembaga independen ini, data itu bukan berarti menunjukkan jumlah Kristen menurun, namun pertumbuhan pemeluk Kristen tak secepat pemeluk Islam.

Di saat jumlah pemeluk Kristen meningkat dari 2,1 miliar ke 2,9 miliar pada 2050, pertumbuhan Muslim di tahun 2050 mendatang justru melonjak dari 1,6 miliar ke 2,8 miliar.

Pertumbuhan ini juga dipengaruhi oleh banyaknya pemeluk Islam muda usia yang memilih meningkatkan jumlah keturunan mereka. Sementara kelompok agama lain justru menunjukkan angka pertumbuhan yang memudar, Islam kebalikannya. Wallahu a’lam...


( media umat ) gambar dari tribunnews
Termasuk Kategori : Dunia Muslim
0 Komentar untuk "Riset : 2070 Jumlah Muslim akan Lebih Banyak dari Kristen"

Back To Top