4 Tipe Orang dalam Kemarahan

BACA JUGA :

DENIKURNIA.COM – Marah ( ghodhob), merupakan sifat asasi atau dasar yang ada pada manusia dan hewan. Sifat ini memiliki nilai manfaat, atau bahkan mudharat, sejauhmana si empunya sifat mengendalikan sifatnya ini. Artikel sederhana ini, mengulas 4 tipe orang yang bergelut dengan kemarahannya. Mau tau? Silakan sahabat tuntaskan membaca artikel ini.

4 Tipe Orang dalam Kemarahan

Tipe #1  : Gampang marah, susah reda
Tipe ini yang paling apes. Ia mudah marah, gampang tersinggung, gampang “meledak”. Namun di sisi lain, sesudah melampiaskan kemarahannya, susah juga redanya. Orang dengan tipe seperti ini suka dijauhi teman, karena teman-temannya tidak nyaman berada di sampingnya.

Tipe #2  : Gampang marah, gampang reda
Tipe yang kedua ini lumayan. Memang ia gampang marah, sedikit-sedikit marah, juga gampang tersinggung. Namun sisi positifnya, kemarahannya gampang mereda. Orang sunda mengatakan tipe seperti ini, “ ambek jawaeun”.

Tipe #3  : Susah marah, susah reda
Orang seperti ini biasanya pendiam. Tidak gampang marah. Namun sekalinya tersinggung, maka ia marah besar, dan lama untuk redanya. Perlu hati-hati bergaul dengan orang bertipe ini, jangan sampai menyinggung perasaan dan harga dirinya.

Tipe #4  : Susah marah, gampang reda
Ini tipe yang paling “top”. Orang seperti ini memiliki kesabaran yang tinggi. Ia tidak mudah marah, ketika muncul kemarahan, ia cepat meredakannya. Bertemanlah dengan orang yang memiliki sifat ini.

Demikianlah sahabat, 4 tipe orang dalam menyikapi sifat marah. Tiap orang beda-beda karakter, beda pula pola kita dalam bergaul dengannya. Namun yang terpenting dari semua ini, jadilah pribadi yang pandai mengelola kemarahan,  menempatkannya secara proporsional. Karena balasan orang yang bisa mengelola kemarahannya, adalah syurga. Nabi Muhammad SAW bersabda :

“ La taghdhob walakal jannah”, janganlah kau marah, niscaya bagimu syurga.
Wallahu a’lam.....


Termasuk Kategori : Motivasi
0 Komentar untuk "4 Tipe Orang dalam Kemarahan"

Back To Top