Mengapa Harus Try Out?

BACA JUGA :


DENIKURNIA.COM- Siswa kelas 9 SMP, hari ini mulai melaksanakan try out ( latihan pra UN) tahun pelajaran 2015-2016. Latihan untuk menghadapi ujian nasional yang akan dilaksanakan bulan Mei 2016.

Pertanyaannya, seberapa penting try out ini bagi perkembangan kognitif siswa?

Try out, sebagai satu upaya untuk mendapatkan hasil maksimal dalam UN, tentu menjadi langkah yang bagus dan perlu mendapat apresiasi yang tinggi. Kegiatan ini juga menjadi stimulan bagi siswa untuk lebih intensif dalam belajar.

Kegiatan try out atau latihan Pra-UN ini juga menjadi semacam "tester" bukan hanya bagi siswa, tapi juga bagi guru. Sejauh mana proses pembelajaran yang ia lakukan, tepat sasaran dan tepat tujuan.

Namun, sahabat pengajar, perlu kita ingat juga, bahwa tugas seorang guru itu paripurna. Ia tidak hanya mengisi siswanya dengan sederet pengetahuan kognisi, dan serentetan kemampuan psikomotorik. Tugas guru yang paling penting adalah, berusaha mengantarkan siswa berakhlak mulia, menjadi hamba sang Pencipta, dan sadar akan tugas hidupnya di dunia.

Jadi, sepertinya mati-matian mengusahakan agar siswa menjadi siswa yang pintar, dengan menggenjot kognisinya, termasuk agar mencapai hasil baik dalam UN, dengan mengesampingkan pendidikan akhlak, adalah sia-sia belaka.

Try out sangat berguna, jika pendidikan akhlakpun diusahakan maksimal. Wallohu 'alam.

posted from Bloggeroid

Termasuk Kategori : Guru Hebat
0 Komentar untuk "Mengapa Harus Try Out?"

Back To Top